oleh

Rp121 M Anggaran Daerah Dikebiri Pusat, Keuangan Pemda Kabgor Kritis

RGOL.ID – Keuangan pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo kini dalam keadaan kritis. Ini setelah pemerintah pusat melakukan pemotongan anggaran, dana alokasi umum, dana lokasi khusus, BID dan dana desa.

Kondisi ini diperparah dengan penanganan wabah Covid 19, penerapan PSBB. Dimana pusat perekonomin runtuh dengan adanya penutupan pusat pusat ekonomi.

Ini diungkap Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Syam T Ase, bersama anggota fraksi DPRD Kabupaten Gorontalo, Senin (11/5) kemarin saat melakukan jumpa pers mencermati kondisi daerah yang sedang kritis.

“Ada pemotongan anggaran Rp121 miliar dari seluruh dana dari pusat seperti DAU, DAK, BID dan dana desa, jelas menyulitkan pemerintah Kabupaten Gorontalo, karena jika ini tidak dipatuhi oleh pemerintah daerah, setiap bulan, mulai bulan Mei ini, pemerintah pusat akan menghentikan dana transfer Rp16 miliar.

Dan ini bisa bertambah dibulan berikutnya menjadi Rp32 miliar,” ujar Syam T Ase. Jika ini terus terjadi, bisa saja dalam beberapa bulan ke depan pemerintah Kabupaten Gorontalo akan sangat kesulitan.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.