RSUD Otanaha Gunakan Teknologi 3D “ABUS” Deteksi Kanker Payudara

PEMKOT (RGOL.ID) – Dari segi kecangihan penggunaan teknologi, RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Otanaha Kota Gorontalo, satu-satunya Rumah Sakit di Gorontalo yang menggunakan teknologi 3D Automated Breast Ultrasound (ABUS), yaitu alat deteksi dini kanker payudara.

Direktur RSUD Otanaha Kota Gorontalo, dr. Grace Tumewu jelaskan bahwa, metode ini telah terbukti menemukan sel kanker kecil, bahkan yang terlewatkan pada pemeriksaan mammografi.

“Gambar 3D ABUS memberi dokter kemampuan untuk memeriksa jaringan payudara secara menyeluruh dan efisien. Irisan multi bidang koronal, memungkinkan dokter untuk memiliki kejelasan lebih baik pada temuan yang mencurigakan,” ujarnya Grace belum lama ini. Ia jelaskan penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia.

Penyebab terbesar kematian akibat kanker setiap tahunnya, salah satunya disebabkan oleh kanker payudara. Sebuah studi dari American Journal of Roentgenology yang diterbitkan pada Juni 2016, menunjukkan ABUS menemukan kanker lebih akurat selain mammografi tradisional.

“Upaya penambahan fasilitas peralatan di RSUD Otanaha Kota Gorontalo tak lain hanya untuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang ingin berobat,” tegasnya.(rls).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.