oleh

Rum : Pembangunan Untuk Rakyat, Bukan Untuk Saya…

FOTO HALAMAN

Bupati Rum Pagau, didampingi Wabup Lahmudin Hambali

RadarGorontalo.com – Sejak resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati pada 1 Februari 2012, pasangan Rum Pagau dan Lahmudin Hambali (PAHAM) langsung bergerak melakukan pembangunan inovasi. Salah satu yang menjadi program utama pemerintahan PAHAM ini adalah pembangunan infrastruktur. Terbukti, program pelebaran jalan, alihtrace jalan, pembukaan akses jalan usaha tani hingga pembangunan sejumlah sarana prasarana untuk sektor pariwisata, pendidikan, perhubungan menjadi gambaran kemajuan Kabupaten Boalemo. Belakangan ini, program pembangunan kanal banjir dan sodetan sungai Tilamuta, menjadi buah karya pasangan Bupati Rum Pagau dan Wakil Bupati Lahmudin Hambali.

Dalam sambutan Bupati Rum Pagau pada acara sosialisasi pekerjaan lanjutan awal pekan kemarin, mengungkapkan bahwa pembangunan yang dilakukan selama ini, semata-mata demi kepentingan rakyat Kabupaten Boalemo. “Saya saya buat ini untuk rakyat. Bukan untuk pribadi saya. Kalau soal jabatan Bupati, masa periodenya pasti berakhir. Namun, saya berkeinginan daerah ini bisa maju berkembang, dan dampaknya bisa dirasakan masyarakat,” ungkap Bupati.

Selanjutnya, Bupati menjelaskan, dengan pembangunan yang gencar dilaksanakan tersebut, pemerintah daerah menargetkan kemajuan perekonomian daerah pun akan turut meningkat. Pasalnya, ketersediaan sarana prasarana daerah sangat mempengaruhi gerak ekonomi dan investasi.

Lebih lanjut, terkait dengan program pembangunan kanal banjir dan sodetan sungai Tilamuta, Bupati menyatakan bahwa tujuannya untuk membebaskan ibukota kabupaten dari banjir. Seperti diketahui, Kecamatan Tilamuta kerap dilanda banjir saat musim penghujan tiba. Olehnya, pemerintah daerah pun mengambil langkah untuk membangun kanal dan sodetan sungai Tilamuta ini. “Kanal dan sodetan ini, selain menjadi solusi menangkal banjir.

Bisa juga menjadi obyek wisata, karena pemerintah juga akan membangun jalur bagi pejalan kaki dan menata tepian sodetan sungai ini,” katanya. Bahkan, dampak yang paling bisa dirasakan dari pembangunan kanal dan sodeta ini, adalah rencana pengembangan Pelabuhan Tilamuta. Pasalnya, dengan mengalihkan jalur sungai dari Timur ke Barat, maka pekerjaan Pelabuhan Tilamuta sebagai pelabuhan internasional bisa terwujud. “Ini semua dilakukan demi kepentingan masyarakat,” pungkas Bupati. (RG-27/RG-59)


Jangan Lewatkan

Komentar