oleh

Rusli Habibie : Presiden Saja Dibully, Apalagi Gubernur

RGOL.ID, GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta seluruh jajaran pemerintah Provinsi Gorontalo untuk sabar dan selektif menerima kritikan.

Karena era keterbukaan sekarang ini apapun yang dikerjakan pemerintah pasti akan mengundang kritikan.

Dalam penyampaian kritikan ini cara berbeda beda, ada disampaikan dengan sopan. Tapi ada kelompok atau oknum yang menyampaikan dengan kata kata kasar, bahkan sifatnya membully.

Apakah ini karena tidak puas dengan pelayanan dan kebijakan pemerintah ataupun karena memang karena faktor tidak suka.

Kata Rusli, ini sudah sebuah resiko di era keterbukaan. Tentunya sepanjang kritikan atau saran disampaikan dalam batas batas etika tentu bisa diterima Tapi terkadang kritikan sudah dengan cara memfitnah, menuding tanpa bukti.

Jika sudah demikian, tentunya ini harus diluruskan. Dengan memberikan penjelasan yang benar.

“saya tidak alergi kritik. Sepanjang disampaikan dengan cara yang pantas tentu akan dipertimbangkan. Tapi jika sudah memfitnah atau membullying dengan melibatkan hal pribadi, tentu konteksnya jadi lain. Yang pasti setiap warga negara semuanya di lindungi hukum,” tegas Gubernur Rusli Habibie.

Ini ditegaskan Gubernur Rusli Habibie, ketika memberikan arahan tentang dinamika daerah dan secara umum pemerintahan di Indonesia melalui video conference dengan seluruh jajaran pemerintah di lingkungan pemerintahan Provinsi Gorontalo Selasa (24/08) pagi tadi.

Saat itu, Gubernur Rusli Habibie meminta jajaran pemerintah dalam melayani dan menghadapi kritikan seperti ini tidak dengan emosional. Pegawai jajaran di lingkungan Pemprov harus memiliki sifat tegar dan tidak emosional.

Sehingga bisa menjelaskan ke publik kebijakan pemerintah dengan cara yang santun, transparan dan benar.

Di era sekarang ini, media sosial, pers, dan alasan kebebasan berbicara. Terkadang kritikan tidak diimbangi dengan saran. Bahkan sudah dengan kata kata yang tidak pantas sifatnya membullying.

“Presiden saja tak luput dari bully. Apalagi gubernur. Tapi ini harus kita hadapi dengan kesabaran. Bekerja dengan giat, tekun, ikhlas. Ini sudah resiko pejabat pemerintahan, termasuk gubernur,” kata Gubernur Rusli Habibie.

Ia juga menegaskan pegawai di jajaran pemerintahan sekarang ini haruslah menguasai betul tupoksi fungsi dan tugasnya. Karena setiap akan berhadapan dengan masyarakat, yang meminta penjelasan dan meminta pelayanan dengan cepat. (riel/rg)


Komentar