oleh

Ryan : Pemberlakuan PSBB di Kota Gorontalo Perlu Penyatuan Persepsi

RGOL.ID, GORONTALO – Kebijakan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Gorontalo mendapat sorotan Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan Kono.

Orang nomor dua di Kota Gorontalo itu menilai penerapan PSBB baiknya dibahas secara bersama dengan memperhatikan berbagai aspek dan dampak yang akan dipengaruhi oleh kebijakan tersebut.

Prinsipnya Ryan sangat mendukung apa yang menjadi intruksi gubernur Gubernur Gorontalo nomor 180/HUKUM-ORG/1164/X/2020, yang ditujukan kepada Bupat Walikota terkait kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran corona virus desease 2019 (Covid-19).

Ia mengatakan, berkat koordinasi yang baik dengan pihak pemerintah Provinsi Gorontalo, selama ini upaya penegakkan disiplin protokol kesehatan di Gorontalo telah berlangsung secara tertib.

Penegakkan aturan pengenaan sanksi sosial dilakukan bagi warga yang abai akan protokol kesehatan.

Menyangkut pemberlakuan PSBB, Ryan menginginkan sebaiknya pihak Pemprov dan Pemkot Gorontalo perlu duduk bersama menyatukan persepsi merumuskan pola dan kebijakan sebelum mengambil sikap pemberlakuan PSBB.

Bagaimana model penanganan kesehatan yang tepat, model pencegahan serta model penertibannya.

Sehingga ketika model tersebut disepakati, maka punya ukuran yang jelas kapan harus PSBB.

Dengan demikian semua pihak akan memperoleh kepastian, lalu mempersiapkan diri dalam melaksanakan berbagai kegiatan termasuk aktifitas ekonomi.

Menurutnya, langkah strategis dan kepastian tindakan perlu dilakukan supaya saat actionnya nanti tidak menimbulkan perbedaan penafsiran di tingkat masyarakat.

Tentunya, kesamaan pandangan akan menghasilkan solusi yang baik. Dengan begitu kebijakan yang akan dikeluarkan nanti akan selaras dengan upaya pemulihan ekonomi nasional oleh pemerintah pusat.

“Disatu sisi kita ingin tegas dalam penanganan covid -19, disisi lain kita juga tetap mendorong produktifitas perkonomian masyarakat,” ujar Ryan usai rapat tindak lanjut intruksi Gubernur Gorontalo, di Aula Kantor Walikota Gorontalo, Jumat (02/10)/2020).

Oleh karena itu, Ryan lebih jauh melihat dampak yang akan ditimbulkan oleh kebijakan yang seharusnya dapat dibahas secara mendalam dan dipertimbangkan terlebih dahulu agar kebijakan yang diambil sesuai dengan harapan bersama.

” Saya minta masyarakat untuk senantiasa patuh dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Tentu, apa yang dilakukan pemerintah demi kepentingan dan kemaslahatan semua orang,” jelasnya. (Lev)

Komentar