oleh

Sabhara di Jalanan Ada Apa?

ilustrasi (Anwar/RG)
ilustrasi (Anwar/RG)

RadarGorontalo.com - Beberapa hari ini ratusan anggota SABHARA Polda Gorontalo tersebar di jalanan, mulai dari Limboto sampai Kota Gorontalo, menariknya lagi, pagi buta mereka sudah ada di jalanan, tetapi lewat jam 7 mereka sudah menghilang. Ada yang mengaitkannya dengan pengamanan teroris.

Tetapi sejumlah orang tua murid mengatakan, ada bagusnya kehadiran Polisi Sabhara di jalanan, karena beberapa hari ini para orang tua murid merasa aman, karena para anggota SABHARA telah membantu anak – anak sekolah untuk menyeberang. “Kalau para pak polisi bisa berada disekitar sekolah maka, kami orang tua murid merasa aman,” kata Nining salah seorang ibu.

Sementara itu, warga lainnya mengusulkan kalau boleh para polisi bisa berada di beberapa ruas jalan pada jam – jam usai belajar, misalnya di SMP I dan SMP VI, juga di SMA 1 dan jalan – jalan yang sering macet. Jadi selain melakukan pengamanan gangguan teroris, bisa juga melakukan pengamanan kamtibmas.

Memang kehadiran anggota SABHARA dijalanan telah mengundang pertanyaan warga, lalu apa penjelasan pihak Polda soal itu. Dihubungi lewat HP tadi Minggu (24/07) malam, Kasubdit Dalmas Polda Gorontalo. AKBP Mustasin Pakaya SH tak mau memberikan penjelasan soal itu dengan alasan, kalau dia tak punya wewenang untuk memberikan penjelasan. Tetapi ketika disinggung soal teroris, buru – buru Mustasin menepis. “Ohh tidak, kami hanya membantu anak – anak sekolah agar mereka aman jika hendak menyebrang sekolah,” katanya.

Tugas ratusan anggota Dalmas adalah untuk mengamankan aksi – aksi demo dan lain – lain. Karena tak ada demo, kan tak ada salahnya kalau ada kesibukan lain yang bermanfaat untuk rakyat. Apa yang dilakukan SABHARA itu dinilai sebuah terobosan dari Polda, karena itu sejumlah Aleg DPRD Kota Gorontalo memberikan apresiasi.

Seperti Ketua Komisi A DPRD Kota Gorontalo Syafrudin Junaidi, saat diwawancarai tadi Minggu (24/07) malam, menilai terobosan yang dilakukan Kapolda Gorontalo itu, sangat membantu masyarakat khususnya siswa dan siswi yang saat menyebrang jalan disetiap sekolah. Apalagi kata politisi partai Demokrat itu, dipagi hari aktivitas masyarakat sudah padat dan tentunya disetiap jalan sudah macet.

Sehingga keberadaan Sabhara, yang diperintahkan Kapolda untuk mengamankan jalan, sangat membantu orang orang tua. “Kami selaku wakil rakyat sangat berterima kasih kepada Kapolda Gorontalo, atas ide cemerlangnya,” ketusnya sembari menambahkan, dengan salah satu terobosan seperti ini Kepolisian benar-benar menjalankan tugasnya yaitu mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat. Jika perlu kata Syafrudin, para Sabhara itu diberikan penghargaan oleh Pemerintah Kota Gorontalo, sebagai pengayom masyarakat. (rg-60)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar