oleh

Safari Ramadhan UG dan YPDLP di Masjid Al-Mujahidin, Dr. Dikson : Banyaknya Keutamaan di Waktu Subuh

KAMPUS (RGOL.ID) – Subuh tidak hanya identik dengan ibadah. Akan tetapi Subuh juga menjadi awal dari dimulainya hari. Kalimat indah ini diucapkan Wakil Rektor III, Bidang Mahasiswa, Alumni dan Kerjasama, Universitas Gorontalo (UG) saat bersama tim safari wisata Ramadhan UG dan Yayasan Pendidikan Duluwo Limo lo Pohala’a (YPDLP) dalam rangkaian kegiatan ibadah sekaligus silaturahmi dengan jama’ah Masjid Al-Mujahidin, Dusun Olie, Desa Tolinggula Pantai, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Baginya, bangun di waktu subuh bukan saja untuk beribadah, melainkan juga untuk segera memulai aktivitas. “Banyak keutamaan sholat Subuh. Bahkan pada surat Al Fajr, pada ayat pertama Allah bersumpah menggunakan waktu subuh,” ungkapnya.

Ayat-ayat pada surat Al Fajr itu menunjukan bahwa menunaikan sholat Subuh menjadi alasan bagi seseorang masuk ke dalam surga. Lalu apa lagi keutamaan dari menunaikan sholat Subuh? Pertama, kata Dikson, dengan sholat Subuh seorang Muslim akan mencapai kebahagiaan, keamanan dan ketentraman jiwa. Serta akan mendapatkan ridha Allah SWT di dunia dan di akhirat.

Kedua, selain itu menjauhkan jiwa dari amarah yang buruk serta memastikan menjadi golongan Ashabul Yamin, yakni orang-orang yang beriman. Ketiga, melaksanakan sholat Subuh juga menjadi bukti benar atau ikhlasnya keimanan seorang hamba serta menjadi pembeda dengan orang-orang munafik.

Keempat, Subuh memberikan harapan bagi manusia dan memberikan kesiapan ketika terjadi bencana. Seorang yang melaksanakan sholat subuh akan mendapat penjagaan dari Allah. Kelima, orang yang menunaikan sholat Subuh juga akan mendapatkan keberkahan dalam rezekinya serta keberkahan juga pada waktu paginya.

Keenam, sholat Subuh juga menjadi sebab datangnya pertolongan, atau kemenangan. Sebagaimana disebutkan dalam Al-quran bahwa sholat Subuh, sholat malam, sholat syafaat, sholat witir, serta sholat sunnah malam di sepuluh hari Ramadhan merupakan sebab datangnya pertolongan Allah menunju kemenangan. Sementara melalui sholat malam Allah membantu hamba-Nya dari musuh-Nya.

Ketujuh, sebagai bentuk syiar Islam. “Dengan demikian mereka yang kerap meninggalkan, semoga saja, tergugah keistiqamahan para jamaah subuh. Ini adalah juga bagian dari amar makruf nahi mungkar,” pungkas Dikson. (rg-63)

LENSA KEGIATAN


Komentar