oleh

Saiful atau Elnino?

-Pohuwato, Politik-410 Pengunjung

RGOL.ID – Gorontalo, Pertarungan politik diajang perebutan kursi nomor satu di Bumi Panua dipastikan bakal sengit. Pasalnya semua figure yang menyatakan siap untuk bertarung mulai menunjukkan sikapnya.

Salah satu diantaranya adalah Partai besutan Prabowo Subianto yang memutuskan kader Gerindra jadi calon Bupati Pohuwato adalah Syaiful Mbuinga. Penunjukan ini sudah dikonsultasikan dengan DPP dan DPD. “kita sudah memilih calon bupati, pak Saiful Mbuinga, sebagai Ketua Gerindra Pohuwato.

Dan tidak ada bargaining untuk menjadi Wakil bupati,” ujar Sekretaris DPC Partai Gerindra, Wawan Hatama. “Ka Epo (sapaan akrab Saiful Mbuinga) harus Bupati, bukan wakil. Itu petunjuk dari DPP Gerindra,” lanjut Wawan tegas. Bagaimana jika Saiful Mbuinga belum siapa menerima amanah itu? Ketua Fraksi Gerindra DPR Pohuwato ini langsung menjawab, jika Ketuanya urung mencalonkan diri, maka partai Gerindra bertanggungjawab memasang kader terbaik untuk memimpin Pohuwato. “paling memungkinkan adalah pak Elnino Mohi yang diusung Gerindra menjadi Bupati Pohuwato,” jelas Wawan.

Memang kata Wawan, Elnino dipersiapkan partai untuk menjadi Gubernur Gorontalo 2023, tetapi disatu sisi, Gerindra Pohuwato kader yang bisa bertarung di Pohuwato. “solusi, pak Elnino menjadi Cabup Pohuwato tahun 2020 mendatang. Kemudian bisa maju Gubernur pada Pilgub mendatang,” beber Aleg Dapil Popayato Cs ini.

Memang kalau dilihat dari segi kekuatan, Elnino memiliki kekuatan politik di Pohuwato yang tidak main-main. Sudah 3 kali Pemilu, Elnino selalu memperoleh suara dari Pohuwato lebih dari 15 ribu, itupun Elnino jarang kampanye di Pohuwato. Bayangkan kalau nanti di Pilgub, Elnino turun langsung di Pohuwato dan berkampanye secara massif, maka kekuatan di Pileg kemarin bisa bertambah.

Memang kalau dilihat, kekuatan Elnino di Pohuwato lebih besar dari Bone Bolango. Apalagi keluarga Elnino di Pohuwato jauh lebih banyak, dan militansi serta loyalitas merak terhadap elnino sudah teruji di tiga Pileg terakhir.

“Satu hal lagi, jangan lupa bahwa pak Elnino itu kader NU, dimana NU di Pohuwato juga sangat solid dan militan jika kadernya ikut kontestasi Pilkada,” tutur Wawan.(Sel/tr-03)


Komentar