Sambut Mahasantri Baru, PUTM UMGO Gelar Mastama dan PDBAA

RGOL.ID – Masa Ta’aruf Mahasantri (Mastama) dan Pelatihan Dasar Bahasa Arab dan Al-Qur’an bagi mahasantri baru Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Gorontalo resmi dibuka oleh Direktur PUTM UMGO, Drs. H. Suleman Tongkonoo, M.H.I. siang tadi, Ahad (15/01/23).

 Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama 10 hari yaitu sejak tanggal 15-25 Januari bertempat di Aula Rektorat Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Dalam rilisannya, Dr. H. Rulyjanto Podungge, Lc., M.H.I. selaku Wakil Direktur PUTM UMGO menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan Program Pendidikan PUTM kepada Mahasantri/wati baru agar terbentuk wacana yang dimaksud dengan PUTM. 

“PUTM sendiri merupakan pendidikan yang khas, karena program PUTM bertujuan untuk mendidik calon ulama dan secara spesifik Ulama Tarjih Muhammadiyah.” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa Muhammadiyah adalah Gerakan Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang bertujuan untuk mengaplikasikan Islam sebenarnya dalam semua lini kehidupan. “Dari sini Ulama Tarjih sendiri adalah Ulama Muhammadiyah yang bertugas dalam olah logika dan nalar guna menghasilkan fatwa hukum sesuai dengan metodologi atau manhaj Muhammadiyah.” tambah Sekretaris Majelis Tarjih PWM tersebut.

Tarjih juga menurutnya bertugas dalam memilih dan memilah amal-amal ibadah sesuai petunjuk Dalin Qur’an dan Hadits Shohih. Ada banyak pendapat dan dalil dalam hal ini, tarjih menyeleksi dalil yang lebih kuat dan lebih sesuai. 

“Maka guna mencapai tujuan tersebut perlu dilaksanakan masa orientasi. Mengenalkan bagaimana kehidupan asrama, apa saja tata tertibnya, mana yang boleh dan mana yang dilarang. Bagaimana perkuliahan PUTM, apa-apa saja materi-materi kuliah, apa hak dan kewajiban mereka selama menjadi Mahasantri PUTM dan menjadi Alumni PUTM.” jelasnya. 

Adapun materi dalam pelatihan nanti seperti Karakteristik Ulama Tarjih Muhammadiyah, Pemantapan Baca Tulis Qur’an dan Dasar-dasar Bahasa Arab. Hal ini penting untuk dipelajari mengingat dalam perkuliahan nanti Mahasantri/wati akan mendapatkan materi kuliah  _Islamic Studies_ atau Dirosat Islamiyah seperti Fiqih, Aqidah Tauhid, Tafsir, Ilmu Hadits, Ushul Fiqih dan lain-lain. Sebagian besar sumber referensinya berbahasa Arab. 

Terakhir dirinya berpesan kepada para Mahasantri/wati angkatan kedua ini agar merasa bangga sebagai Mahasantri/wati PUTM. 

“Sebab mereka akan menjadi Ulama yang hidupnya diperuntukkan untuk Islam dan Umat Islam dan orang yang mendedikasikan hidupnya untuk menolong Islam ini akan dijamin hidupnya oleh Allah Subhanahu Wata’ala.” tutup Dosen IAIN SA Gorontalo tersebut. (hms)


Jangan Lewatkan

Komentar