oleh

Sarjana-Magister Berebut Kursi Kades

RGOL.ID (Gorontalo) – Jabatan kepala desa kian bergengsi. Peminatnyapun bukan hanya tamatan SMP, tapi sarjana sampai magister. Ini tergambarkan dari Pilkades serentak yang akan diselenggarakan di 76 desa se-Kabupaten Gorontalo, pada 26 Oktober mendatang.

“Total bakal calon kepala desa setelah melalui tahapan seleksi ada 318 calon, memperebutkan 76 posisi kepala desa. Dan latar belakang pendidikan berijazah SMP dan tertinggi berijasah S2,” ujar Harsono, pegawai bidang penataan Desa di Dinas PMD.

Minat menjadi kepala desa terbilang terbilang cukup tinggi. Bahkan peminat dari kalangan intelektual hingga PNS terus meningkat. Tak heran, persaingan pilkades di desa masing masing cukup panas. Tidak kalah dengan pemilihan kepala daerah dan pilpres.

Apalagi dalam pelaksanaan pilkades setiap calon kepala desa wajib memaparkan visi misinya dalam kampanye sebelum hari pemilihan. “Peminatnya cukup banyak. Sehingga dibatasi, dimana jika calonnya lebih dari 5, maka panitia pilkades tingkat desa harus melakukan seleksi tambahan.

Kurang lebih ada 17 desa yang harus dilakukan seleksi tambahan. Karena seperti di desa Zuria Kecamatan Bilato ada 9 calon, padahal desa tersebut hanya memiliki 3 dusun. Dari seleksi tambahan ini meloloskan kurang lebih 114 cakades,” kata Harsono lagi. (riil-20)

Komentar