oleh

Sastra Arab, Bahasa Asing Paling Laku di Dunia Kerja

-Pendidikan-458 Pengunjung

“Ada banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Sastra Arab. Iya, lulusan Sastra Arab tentu saja hebat dan sangat fasih berbicara menggunakan bahasa Arab serta mengerti membaca aksara Arab.

Alumni daripada program studi ini memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan.

Mereka bisa bekerja menjadi apa saja yang diinginkan, karena tidak terbatas pada bidang penulisan dan pengajaran saja”.

KAMPUS (RGOL.ID) – Perlu diketahui, bahwa bahasa Arab merupakan salah satu bahasa resmi PBB yang dipakai saat diadakan pertemuan antar pemerintah, termasuk dalam pembuatan dokumen. Hal ini merupakan peluang besar lulusan Sastra Arab bukan ?

Selain itu, lulusan Sastra Arab bisa berkarir di industri media cetak maupun televisi. Berbekal keahlian berbahasa Arab yang fasih, para lulusan bisa menjadi jurnalis dan terjun untuk melakukan wawancara, bahkan mereka berkesempatan untuk bertemu dengan tokoh dunia.

Jadi memang menguasai bahasa Arab akan menjadi nilai jual yang patut dibanggakan. Karier sebagai translator dan interpreter biasanya menjadi pilihan utama.

Tapi para lulusan juga bisa bekerja di lembaga-lembaga internasional di bawah naungan PBB, karena bahasa Arab merupakan salah satu bahasa resmi PBB.

Sementara jika ada yang senang dengan bidang diplomasi, mereka bisa bekerja sebagai Diplomat di Kementerian Luar Negeri. Jadi, ada banyak sekali peluang karier bagi lulusan Sastra Arab.

Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan bervariasi. Rata-rata gaji awal lulusan Sastra Arab tergolong sangat kompetitif, meski tetap memperhatikan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, area tempat bekerja dan tentu tingkatan pekerjaan pada perusahaan.

Di Gorontalo, satu-satunya tempat studi lanjut untuk bidang ilmu ini hanya di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO). Iya, Prodi Sastra Arab UMGO didirikan pada tahun 2008 bersamaan dengan berdirinya kampus dengan SK Mendiknas 98/D/O/2008.

Prodi ini sudah terakreditasi dengan predikat B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), murni kajiannya untuk kesusasteraan Arab.


Komentar