Asisten II saat membuka sosialisasi
Asisten II saat membuka sosialisasi

RadarGorontalo.com – Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Gorontalo, Nurdin Mokoginta, membuka sosialisasi e-Katalog dengan tema belanja cepat cara cepat, yang diselenggarakan oleh Biro Pengadaan Setda Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan LKPP dan PT. Airmas Perkasa, di Ballroom Hotel Maqna, Selasa (1/11).

Dalam sambutannya Nurdin mengatakan, pembelanjaan yang dananya bersumber dari anggaran pemerintah, harus jelas pemanfaatannya, harga, kualitas, termasuk tingkat kecepatan proses pengadaannya, serta sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dengan memenuhi prinsip efisien, efektif, transparan, adil, dan akuntabel. “Setiap tahun pasti ada pengadaan barang jasa pemerintahan. Pengadaan itu harus tepat harga, tepat kualitas, tepat kuantitas, dan tepat waktu,” kata Nurdin.

Untuk mendukung proses pengadaan barang jasa pemerintah yang cepat dan tepat, serta mengantisipasi dan menghindari terjadinya permasalahan seperti harga barang yang fluktuatif, kualitas yang tidak sesuai spesifikasi, dan proses tender yang memakan waktu lama, pemerintah memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menerapkan sistem e-Katalog.

Penerapan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah, sekaligus mengedepankan persaingan yang semakin sehat. “Tidak banyak lagi tangan-tangan yang mengatur proses pengadaan secara manual, seluruhnya dilakukan melalui mekanisme dan sistem yang menggunakan kemajuan IT, sehingga harganya jelas dan barangnya pun jelas,” jelasnya. Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, Nurdin berharap, adanya pemahaman dan pengetahuan tentang manfaat, keunggulan, serta prosedur penggunaan e-Katalog. “Banyak kemudahan yang kita peroleh dengan e-Katalog ini. Jika kita ingin maju, manfaatkanlah hasil inovasi ini,” tandasnya.

LKPP menggandeng PT Air Mas Perkasa, dimana PT Air Mas Perkasa merupakan perusahaan IT terkenal dibidang industri teknologi dan informasi, yang menyediakan produk produk kebutuhan IT dan Mobile berkualitas tinggi, khususnya untuk pengadaan barang dan jasa dilingkungan pemerintah. (RG-25)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.