oleh

Serahkan Izin Operasional ke UG, S2 Akuntansi Dibuka Tahun ini

KAMPUS (RG) – Pimpinan Yayasan Duluwo Limo lo Pohala’a (YPDLP) Gorontalo bersama Universitas Gorontalo (UG), Rabu kemarin (21/9), mendatangi kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XVI di Gorontalo. Para pimpinan ini datang untuk menerima SK izin operasional Program Studi (Prodi) Magister (S2) Akuntansi sebagai tanda kesiapannya menerima mahasiswa baru (Maba) tahun ini. “Jadi penyerahan SK izin operasional oleh LLDikti ini sebagai starting point, bahwa S2 akuntansi itu siap untuk menerima mahasiswa baru di tahun akademik 2022-2023,” ungkap Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Moh. Affan Suyanto.

Dalam pertemuan itu, Moh. Affan bersama Ketua Dewan Pengurus YPDLP dan Rektor UG berharap, dibukanya Prodi S2 Akuntansi ini akan mendapat respon positif dari LLDikti dan masyarakat. “Jika ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 atau magister akuntansi, maka UG adalah satu-satunya tempat untuk mereka melanjutkan studi,” terang Affan.

Para Pimpinan Universitas Gorontalo (UG) saat mengunjungi kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XVI.

Kepala LLDikti XVI, Munawir Sadzali Razak nampak merespon sangat positif pembukaan prodi ini. Pasalnya prodi ini bukan hanya menjadi satu-satunya di provinsi Gorontalo, akan tetapi di Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XVI. “Tidak hanya satu-satunya di Gorontalo, magister akuntansi UG ini satu-satunya di kopertis wilayah 16. Kami sangat mengapresiasi langkah-langkah maju yang dilakukan oleh UG,” ungkap Munawir.

“Jika ada potensi-potensi yang memang mendukung untuk pembukaan prodi S2 ilmu yang lainnya, maka dengan senang hati kami akan membantu dan merespon positif ajuan-ajuan dari UG,” tambahnya.

Seperti diketahui, Jum’at 16 September tahun 2022 telah menjadi hari bersejarah bagi UG. Setelah berjuang kurang lebih 4 tahun (sejak 2019), Prodi Magister Akuntansi UG akhirnya disetujui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. Persetujuan ini telah sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 669/E/0/2022 tentang Izin Pembukaan Prodi Akuntansi Program Magister pada Universitas Gorontalo di Kabupaten Gorontalo yang diselenggarakan oleh YPDLP Gorontalo.

Suasana kunjungan Pimpinan Universitas Gorontalo (UG) ke kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XVI.

Bagi Fakultas Ekonomi, SK operasional ini telah menjadi langkah maju yang diperoleh UG, khususnya Fakultas Ekonomi. Dan ini juga menyikapi permintaan banyak stakeholder yang menginginkan strata pendidikan S2 untuk Akuntansi. “Ini menjadi kebutuhan, karena sebagian besar para alumni itu butuh kenaikan strata mereka, khususnya yang akuntansi. Jadi ini keberkahan tersendiri bagi UG dan fakultas ekonomi yang mudah-mudahan dengan lahirnya prodi S2 Akuntansi, akan lebih menjadikan UG dilirik dan diminati oleh masyarakat Gorontalo dan Indonesia,” ucap Affan.

“Target kami untuk jangka pendek, yaitu mensosialisasikan pembukaan prodi ini di seluruh media. Dan sosialisasi juga kami akan lakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk keberadaan prodi akuntansi, karena ini adalah prodi baru dan satu-satunya di Gorontalo,” pungkasnya.

Hadiri dalam kegiatan ini Ketua Dewan Pengurus YPDLP Gorontalo, Dr. Moh. Rolly Paramat, SE.,MM, Ketua Dewan Pengawas YPDLP Gorontalo, Dr. Robby Hunawa, S.IP.,M.Si, Rektor UG, Dr. Sofyan Abdullah, SP.,MP,
Wakil Rektor II UG, Dr. Drs. Ec. H. Ilyas Lamuda, MM dan Wakil Rektor III UG, Dr. Drs. Dikson Junus, MPA.(rg-63)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar