oleh

Setwapres RI Perkuat Kemitraan dengan Lembaga Gereja Papua untuk Percepatan Pembangunan

RGOL.ID – Persekutuan Gereja-Gereja Papua (PGGP) Provinisi Papua Barat merayakan Ulang Tahunnya yang ke-10.

Perayaan ini terasa berbeda sebab tidak hanya dihadiri oleh internal PGGP Papua Barat tetapi juga Pemda Papua Barat, PGGP Papua dan Tim Sekretariat Wakil Kepresidenan Republik Indonesia yang dipimpin oleh Dr. Khamami Zada (Asisten Staf Khusus Wapres RI).

Kehadiran Tim Setwapres dalam Ulang Tahun PGGP Papua Barat yang ke-10 menjadi tindak lanjut dari hubungan kerjasama yang sedang dibangun oleh PGGP Papua Barat dan Papua yang melakukan kunjungan silahturami ke Istana Wakil Presiden dan bertatap muka dengan Bapak Wakil Presiden dalam rangka menyampaikan pokok-pokok pikiran Gereja untuk mendorong percepatan Pembangun Tanah Papua versi Gereja.

Gagasan yang disampaikan oleh PGGP Papua dan Papua Barat kemudian disambut baik oleh Bapak Wakil Presiden dan ditindaklajuti oleh Kementerian Lembaga terkait melalui beberapa program kerjasama yang sudah mulai direalis tahun 2022 berupa pembentukan BLK Komunitas dan Pelatihan-Pelatihan Vokasional di beberapa wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Ketua Umum PGGP Papua Barat Pdt. Sherly Parinussa dalam sambutanya menyampaikan PGGP Papua Barat merupakan Lembaga Representatif Gereja- Gereja di Papua Barat yang terbentuk sejak tanggal 17 Oktober 2012 melalui Konferensi Pemimpin Gereja Se-Papua Barat beranggotakan lebih dari 53
Denominasi Gereja dengan komposisi penduduk 61,75%.

PGGP Papua Barat telah berperan sebagai wadah konsultatif, koordinatif, aspiratif sekaligus perjuangan Gereja di Tanah Papua maupun ke luar Papua.

PGGP hadir sebagai corong dan tangan Gereja untuk menjadi terang bagi banyak orang dalam berbagai peristiwa seperti bencana alam diberbagai tempat seperti Jayapura, Ambon, Palu, maupun dukungan moriil dan material bagi Gereja-Gereja yang mengalami ketidak adilan dan tekanan seperti di Aceh dan Surabaya.

PGGP Papua Barat tidak hanya berjuang untukkepentingan Gereja tetapi juga kebaikan seluruh bangsa yang jemuk agar dapat hidup rukun dan damai sebagai saudara sebangsa sesuai cita-cita bangsa Indonesia, Itulah nilai-nilai dasar dan universal yang diajarkan oleh Kristus kepada semua umat Kristen
dan menjadi tema Ulang Tahun PGGP Papua Barat ke-10 “Hidup dan Melayani Bersama Sebagai Sahabat Kristus”


Jangan Lewatkan

Komentar