Siapa Pemimpin Kabor 2024? Politisi Atau Birokrat Lagi?

GORONTALO (RGOL.ID) – Sejarah kepemimpinan di Kabupaten Gorontalo, tercatat baru sekali politisi terpilih menjadi Bupati, tercatat ada 3 Bupati dari kalangan TNI, mereka adalah Kolonel Kasmad Lahay, Kolonel Marten Liputo, dan Kolonel Imam Nooriman.

Setelah mereka, barulah politisi muncul dengan Achmad Pakaya sebagai Bupati pertama dari kalangan sipil.

Setelah itu muncul David Bobihoe seorang birokrat pertama yang jadi Bupati di era reformasi. Menyusul Nelson Pomalingo yang jadi Bupati kedua pada Pilkada langsung dari kalangan akademisi. Pertanyaannya siapa Bupati setelah Nelson, apakah Politisi atau kembali ke birokrat?

Ingat, kalangan birokrat juga punya jagoan pada Pilkada nanti, dia adalah Roni Sampir. Nama yang satu ini nampaknya mendapat dukungan penuh dari kalangan ASN dan mereka sangat yakin kalau Panglima ASN ini memiliki kemampuan untuk menjadi Bupati.

Beberapa pejabat di Limboto mengatakan, siapapun yang berpasangan dengan mantan Kadis Kesehatan yang kini Sekda Kabgor itu, bisa dipastikan akan mendapat dukungan penuh ASN.

Pejabat tadi mengibaratkan Roni seperti Joker, apapun posisinya pasti sangat kuat, baik papan satu maupun papan dua. Banyak kalangan menilai kalau birokrat yang satu ini punya naluri dan kemampuan bertarung sangat hebat, dan Nelson Pomalingo mampu melihat kekuatan yang dimiliki Roni.

Sebagai Ketua Partai, tentu dia sangat berkepentingan untuk menjaga posisi PPP di Kabgor. Jika survey Roni bagus, maka pasti dia akan meminta sang Sekda untuk maju bersama PPP dan ternyata juga ada beberapa partai yang sudah melakukan pendekatan dengan Roni. (LaAwal-46)


Jangan Lewatkan

Komentar