oleh

SIPARDI Dorong Kelesuan Ekonomi Akibat Hantaman Pandemi

RGOL. ID. GORONTALO – Memanfaatkan SDM di tengah pandemi yang lagi mewabah, maka inovasi maupun terobosan untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah yang paling penting dilakukan.

Untuk itu Kadis Kominfo Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome dalam keikutsertaanya dalam ujian PIM II, mengangkat konsep ini, khususnya dalam memanfaatkan kemajuan digitalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bagi Haris, ini harus dilakukan dalam rangka mencegah turunnya aktivitas ekonomi di masyarakat yang terus semakin lesu akibat hantaman pandemi covid-19.

” Ya, untuk itu sebuah aplikasi online, dalam Sistem Pasar Rakyat Digital (SiPARDI) digagas. Yang nantinya kami yakin ini dapat mengantisipasi krisis ekonomi yang melanda saat ini.” Ujar Hartom, sapaan akrabnya.

Di sela-sela ujian PIM II itu yang di laksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting itu, Kadis Hartom juga memaparkan hasil proper tentang Pengembangan Ekonomi Digital dalam Penanganan Penurunan Aktivitas Ekonomi Daerah Akibat pandemi.

” Aplikasi ini diterapkan guna mengurangi kerumunan masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli, khususnya bahan pokok sehari-hari, yang nantinya dapat memutus mata rantai virus covid 19 daerah, ” Kata Hartom.

Sebab dengan Penggunaan aplikasi Sipardi tak hanya memudahkan masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan juga dapat membantu pelaku UMKM dalam mempromosikan barangnya dagangannya.

SIPARDI pun sudah di kerjasamakan dengan Perindag dan institusi perbankan BRI, hingga telah mengandeng pengusaha-pengusaha serta pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Gorontalo, guna mendorong kemajuan perekonomian lokal.

Dalam kesempatan tersebut Hadijah U. Tayeb selaku mentor, memberikan apresiasi terhadap capaian atas peran pentingnya dalam memajukan ekonomi digital di kabupaten gorontalo.

” Mudah-mudahan aplikasi ini dapat di kembangkan terus dan akan sangat bermanfaat bagi warga masyarakat yang ada di kabupaten gorontalo” ujarnya.

Taklupa Hadijah U. Tayeb menghimbau agar kiranya masyarakat dapat berbelanja di SIPARDI khususnya kebutuhan bahan pokok, lebih aman dan terhidar dari virus covid 19 tanpa perlu lagi untuk ke pasar. (Qn)

Komentar