Sistem Akademik dan Keuangan UG akan Terintegrasi, Mudahkan Mahasiswa

KAMPUS (RGOL.ID) – Setelah kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Limboto diteken, kini pihak Universitas Gorontalo (UG) lewat bagian akademik terus memaksimalkan kesiapan sistem dan jaringan lewat pihak penyedia layanan dan pihak BRI.

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/4) kemarin, Kepala Bagian Akademik UG, Andri Yunus, SE, MM mengungkapkan, saat ini, koneksivitas jaringan terintegrasi antara sistem BRI dan sistem internal kampus masih berproses.

“Sekarang ini masih berproses. Kita masih menunggu informasi dari pihak BRI. Tapi sekarang sistemnya sementara demo atau uji coba integrasi sistem akademik dan keuangan internal kampus dengan BRI,” ungkap Andri.

Jika sudah optimal, Andri mengaku, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, pekan ini, sistem terintegrasi tersebut sudah bisa dilaunching dan dimanfaatkan.

“Tapi memang maksimalnya diberlakukan pemanfaatan sistem tersebut mulai semester ganjil tahun akademik baru 2023-2024,” imbuh Andri.

Dengan sistem yang terintegrasi antara akademik dan keuangan dengan sistem perbankan, maka sistem pembayarannya satu pintu.

“Jadi, integrasinya itu, pembayaran satu pintu. Dengan satu wadah pembayaran, tapi terintegrasi ke seluruh unit kerja di lingkungan UG. Sehingga generated tagihannya di satu pintu, di sistem akademiknya kita. Dan untuk pembayaran di fakultas dan unit kerja lainnya tetap lewat satu pintu,” terang Andri.

Dengan sistem terintegrasi ini, model pembayaran dan pelayanan secara manual pun sudah tidak berlaku lagi. “Jadi, mahasiswa tidak perlu capek lagi bolak balik fakultas dan rektorat melakukan pengurusan, cukup lewat satu sistem saja. Semuanya sudah by sistem. Sehingga, ketika mahasiswa telah melakukan transaksi pembayaran lewat sistem, pejabat kampus yang berwenang tinggal melakukan ceklis dan itu terbaca lunas,” paparnya.

Nantinya, setelah proses pembayaran lewat sistem dilakukan, selanjutnya mahasiswa sudah bisa melakukan pengisian atau penginputan mata kuliah yang akan dikontrak.

“Dan setelah mendapat persetujuan oleh dosen PA lewat sistem, maka KRS sudah bisa langsung dicetak lewat sistem tersebut. Sehingga mahasiswa benar-benar dimudahkan,” tandasnya. (RG-56)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.