oleh

Sosialisasi Tugas dan Fungsi BPK ke Insan Pers Gorontalo

RGOL.ID – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), perwakilan Provinsi Gorontalo. Kembali mensosialisasikan perannya sebagai lembaga negara yang memiliki wewenang,memeriksa, pengelolaan keuangan negara. Namun demikian hasil pemeriksaan BPK –RI, tidak serta merta mudah diakses oleh pers, Laporan Sahril Rasid.

Ini ditegaskan langsung Kepala BPK RI –Perwakilan Provinsi Gorontalo Rahmadi SE.M.M.Ak. Dihadapan direksi dan puluhan wartawan. Karena sesuai dengan UUD 1945, amandemen ke ketiga, pasal 23, poin 2 ditegaskan.

Hasil pemeriksaan keuangan negara diserahkan kepada, dewan perwakilan rakyat, sesuai dengan kewenangannya. Poin 3, Hasil pemeriksaan tersebut ditindaklanjuti oleh oleh lembaga perwakilan dan /atau badan sesuai dengan undang undang.

“Jadi bukan kami sengaja tidak ingin menginformasikan. Tapi sesuai mekanisme UU demikian. Jika kami melanggar, maka kami bisa disanksi karena melanggar kode etik,’ ujarnya menjawab sejumlah pertanyaan wartawan saat media workshop yang digelar di ruang auditorium BPK RI perwakilan Provinsi Gorontalo Kamis (10/9) kemarin.

Ia menambahkan setelah diserahkan ke DPR barulah hasil pemeriksaan BPK itu bisa dikonsumsi public, termasuk insan pers.

Saat itu juga Rahmadi mengatakan, dalam waktu dekat ini mereka akan melakukan pemeriksaan terkait dengan pemanfaatan dana Covid 19. “ Dalam waktu dekat mulai akan dilaksanakan. Ini sudah menjadi tugas dari BPK-RI,” katanya. “terkait keuangan negara, tentunya menjadi tugas kami.

Termasuk juga pemanfaatan dana penanganan Covid 19,” kata Rahmadi menjawab pertanyaan wartawan. Dijelaskan Rahmadi, pers menjadi mitra sangat penting. Sehingga itu BPK selalu dekat dengan pers di daerah.

Komentar