oleh

Spanyol dan Kutukan Kostum Berwarna Putih

Spanyol lebih sering kalah saat menggunakan kostum putih di turnamen resmi (UEFA)
Spanyol lebih sering kalah saat menggunakan kostum putih di turnamen resmi (UEFA)

RadarGorontalo.com – Kostum berwarna putih bagi beberapa klub atau tim nasional memiliki tuah tersendiri. Tetapi tidak untuk Spanyol.

La Furia Roja harus pulang lebih awal dari gelaran Euro 2016. Menghadapi Italia pada babak 16-besar, Senin (27/6), Spanyol kalah dengan skor 0-2.

Pada pertandingan tersebut, Spanyol tidak menggunakan kostum kebesaran mereka, yakni merah. Andres Iniesta dkk menggunakan kostum tandang mereka yang berwarna putih.

Keputusan tersebut rasanya berujung sebuah penyesalan. Pasalnya, Spanyol tak mampu memutus kutukan tampil buruk saat mengenakan kostum kedua mereka tersebut.

Statistik mencatat, Spanyol selalu kalah pada enam pertandingan terakhir di sebuah turnamen mayor saat memakai kostum berwarna putih. Bahkan pada Euro 2016, Spanyol menelan dua kekalahan sekaligus.

Rentetan buruk tersebut pertama kali terjadi pada tahun 1994. Kala itu Spanyol menghadapi Italia di babak delapan besar Piala Dunia 1994 dan menelan kekalahan 1-2 akibat gol menit akhir Roberto Baggio.

Empat tahun berselang, nasib Spanyol lebih buruk ketimbang 1994. Mereka kalah dari Nigeria di partai pembuka babak grup dengan skor 2-3, yang menjad salah satu penyebab gagalnya Spanyol lolos dari fase grup.

Kemudian kekalahan Spanyol saat memakai kostum putih berlanjut di Euro 2004. Menghadapi tuan rumah Portugal di partai penentu fase grup, mereka kalah 0-1 dan gagal melaju ke babak knock out.

Kekalahan atas Belanda di fase grup Piala Dunia 2014 lalu mungkin tak akan terlupakan bagi Spanyol. Datang dengan status juara Piala Dunia 2010, mereka dihancurkan Belanda dengan skor telah 1-5. Saat itu, Spanyol menggunakan kostum putih.

Dua kekalahan terakhir Spanyol saat menggunakan kostum putih terjadi di Euro 2016. Kekalahan 1-2 atas Kroasia di fase grup membuat mereka terpaksa bertemu Italia di babak 16-besar. Akhirnya, mereka pun harus pulang setelah kalah 0-2 dari Gli Azzurri. (zul/JPG)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar