oleh

Stok Vaksin Menipis

ilustrasi
ilustrasi

Gara-gara Vaksin Palsu, Pemeriksaan Diperketat

RadarGorontalo.com – Walaupun vaksin palsu tak ditemukan di Gorontalo, tapi dampaknya sangat terasa. Gara-gara itu, saat ini stok vaksin seperti vaksin campak hingga vitamin A, sudah menipis bahkan di beberapa puskesmas Kota Gorontalo stoknya kosong. Ini diakibatkan, proses pemeriksaan vaksin makin diperketat.

Hal itu dibenarkan oleh Kadis Kesehatan Kota Gorontalo, dr. Nur Albar. Diakuinya, stok vaksin saat ini memang sudah menipis, karena ada keterlambatan dalam proses pengiriman dari pusat. Kasus vaksin palsu yang sempat mencuat, membuat proses pemeriksaan lebih diperketat dari sebelumnya. Dan ini bukan hanya di Gorontalo, tapi juga terjadi di daerah lain. “Keterlambatan ini terjadi, karena tim dari pusat masih melakukan pemeriksaan terhadap vaksin campak milik Gorontalo. Untuk memastikan vaksi  itu tidak tercampur, atau tercemar dengan vaksin palsu,” terang Nur Albar.

Tambah Nur Albar, proses pengiriman vaksin campak ini sudah dilakukan sejak Minggu (07/08). Sehingga Nur Albar berasumsi, saat ini vaskin campak yang dibutuhkan masyarakat Kota Gorontalo itu, tengah dalam perjalanan menuju Gorontalo. “Jika sudah sampai di Kota Gorontalo, maka kami akan memerintahkan puskesmas, untuk memberikan vaksin campak terhada anak-anak yang belum menerima campak,” timpalnya. (rg-62) 


Jangan Lewatkan

Komentar