ilustrasi
ilustrasi

ASN Harus Jaga Wibawa 

RadarGorontalo.com – Iming-iming uang yang diberikan kontan pada oknum Aparatur Sipil Negara (ASN), menjadi senjata pamungkas oknum masyarakat untuk memuluskan berbagai surat ijin yang diurus. Hal yang melanggar aturan termasuk pungutan liar tersebut, bukan lagi persoalan baru dikalangan masyarakat, bahkan bisa dikatakan sudah mejadi penyakit oknum masyarakat yang terbiasa dengan sogok-menyogok.

Tindakan menyimpang yang diduga kerap terjadi di tubuh instansi perijinan, membuat Walikota Gorontalo Marten A Taha angkat suara, dan menegaskan pada semua ASN dilingkup Pemerintah Kota agar jangan terpengaruh dengan ‘amplop’, yang diberikan oknum masyarakat. Karena menurutnya, ASN dituntut untuk memberikan pelayanan prima tanpa pamrih, bukan untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat yang melanggar aturan. “Jangan pernah terpengaruh iming-iming uang yang berikan oknum masyarakat, ketika mereka melakukan pengurusan ijin, karena itu bukan hanya membuat ASN melanggar aturan, tapi menjatuhkan kewibawaan ASN,” tegas Marten.

Jika hal tersebut ditemukan pihak Pemerintah Kota tambah Marten, pihaknya bukan hanya memberikan sanksi terhadap oknum ASN nya, tapi akan memberikan ganjaran terhadap masyarakat yang terlibat pungli. Sehingga Marten kembali menegaskan, agar masyarakat jangan lagi memberikan sepersen pun uang atau ‘amplop’ pada ASN yang bertugas. “Karena ASN itu diberikan tanggungjawab kerja, sudah digaji pemerintah, diberikan tunjangan, jaminan kesehatan dan tugas luar daerah pun dibebankan pada Pemerintah,” tutur Marten.(rg-62)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.