oleh

Sumur Suntik akan Pakai Meteran

Direktur Prestasi Indonesia, Drs. Willyanto K MM menyerahkan penghargaan kepada Direktur PDAM Kota Gorontalo Isman Darise.
Direktur Prestasi Indonesia, Drs. Willyanto K MM menyerahkan penghargaan kepada Direktur PDAM Kota Gorontalo Isman Darise.

PDAM Kota Dapat Penghargaan Lagi

RadarGorontalo.com – PDAM Kota Gorontalo puji Hotel Grand Q (Dulu Quality) dan Hotel Amaris. Menurut Direktur PDAM Kota Gorontalo Isman Darise, kedua hotel tersebut menggunakan air PDAM dan mereka membayar dengan baik. Ditanya apakah hanya 2 hotel tersebut yang menggunakan air PDAM, Isman Darise tersenyum tipis, seraya mengatakan bahwa, hanya dua hotel tersebut yang fasilitas airnya dari PDAM.

Hal itu diungkapkan Isman Darise saat berbincang – bincang dengan Direktur Prestasi Indonesia, Drs. Willyanto K MM di ruang kerjanya siang kemarin. Didampingi Kabag Hublang, Riflan Kunu SH, Kabag Tehnik Jarnawi Daut ST serta para Kepala Seksi, Isman Darise juga mengatakan, dalam waktu dekat ini semua rumah maupun tempat usaha yang menggunakan Pompa Air akan dipasangi meteran. Isman juga mengingatkan pelanggan PDAM untuk tidak menambah alat penyedot air dari pipa PDAM yang ada di rumahnya.

Seperti diketahui, ada pelanggan PDAM yang menggunakan mesin pompa untuk menarik air. “Ini tak boleh, karena akan menggangu pelanggan lainnya, kami akan tindaki kalau ada yang melakukan praktik seperti itu,” katanya. Sementara itu dalam hal pelayanan, PDAM Kota Gorontalo kembali mendapat pengakuan dari sebuah lembaga independen yang berpusat di Jakarta. Sejak ditangan Isman PDAM Kota Gorontalo memang sudah berkali – kali mendapat penghargaan, baik dari pemerintah pusat maupun lembaga keuangan.

Dan kemarin Prestasi Indonesia memberikan penghargaan pada PDAM Kota Gorontalo. Ada 3 penilaian, pertama Pelayanan, kedua Manajemen dan ketiga adalah Pengelolaan keuangan. Menurut Direktur Prestasi Indonesia, mereka telah melakukan survey selama 6 bulan dan sangat rahasia. Hasilnya mereka menemukan kalau tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM 70 persen. “Standar kami 80 persen, tetapi 70 persen merupakan angka yang sangat bagus,” katanya.

Demikian pula dengan manajemen yang diterapkan PDAM serta pengelolaan keuangan yang sangat bagus. “Apa kuncinya,” tanya  Willyanto. Mendapat pertanyaan itu, Isman dengan sangat tenang mengatakan, ada 3 kunci sukses PDAM, pertama dukungan dari Pemkot. Dukungan yang dimaksud adalah dukungan seluas – luasnya antara lain dukungan agar PDAM benar – benar bisa sehat. Isman mengakui, kalau hasil survey yang dilakukan tim dari Prestasi Indonesi hampir sama dengan data yang dimiliki PDAM menyangkut tingkat kepuasan pelanggan. “Angka pada kami antara 70 sampai 80 persen,” katanya. I

ni bisa dilihat dari umur piutang PADM yang sangat rendah. Sekarang PDAM bisa menagih Rp. 2 Miliar lebih setiap bulan, dan PDAM juga bisa menagih tunggakan sebesar Rp. 2,3 Miliar hanya dalam tempo 1 setengah bulan. Menurut Isman lagi, sudah perlu ada kenaikan tarif PDAM, karena sudah 8 tahun PDAM tak menaikan tarif PDAM. (rg-54)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar