oleh

Syarief Gelar Rapat Bersama OPD dan BPJS

-Pohuwato-154 Pengunjung

POHUWATO (RAGORO)- Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga menggelar rapat bersama Pimpinan BPJS Gorontalo Muhammad Yusrizal, yang berlangsung senin (2/9) kemarin di ruang pola kantor bupati. Adapun yang menjadi pokok pembahasan ialah skema penyelesaian defisit terhadap BPJS Kesehatan.

Sebelumnya rapat bersama BPJS Kesehatan ini telah dilaksanakan di Manado yang dihadiri langsung oleh Kadis Kesehatan, Kadis Sosial dan Direktur RSBP.

Menurut Bupati Syarif masalah serius yang dihadapi saat ini bukan hanya mengenai pembiayaan saja tapi masalah kepesertaan yang terupdate juga.”

Secara nasional anggaran yang telah dikucurkan oleh Pemerintah Pusat kepada BPJS senilai 28 triliun tetapi hal ini semata-mata belum bisa menutupi defisit yang dialami oleh BPJS, sehingganya untuk mengantisipasi hal tersebut Pemerintah Pusat akan mengeluarkan Perpres kenaikan iuran BPJS Kesehatan,”ucap Bupati Syarif.

Sementara Kepala BPJS Gorontalo Muhammad Yusrizal mengatakan data total jumlah peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar kontribusi terbesar dari sekmen PBI APBN dan PBI APBD, untuk PBI APBD berjumlah 60.000 jiwa dan PBI APBN 57.548 jiwa. “Peserta PBI itu sendiri diambil berdasarkan data BDT yang ada di Dinas Sosial, peserta tersebut bisa saja dikurangi atau ditambahkan,”kata Yusrizal.

Selain itu Yusrizal berharap kepada Pemerintah Daerah Pohuwato melalui Dinas PMD agar mendaftarkan para Perangkat Desa sebagai peserta program JKN KIS karena sampai dengan saat ini di Provinsi Gorontalo belum ada yang mendaftar program JKN KIS berdasarkan segmen Perangkat Desa.

Selanjutnya Direktur RSUD Bumi Panua dr. Syahrawanty Abbas menyampaikan rata-rata kunjungan pasien baik ke poliklinik atau rawat inap yang tanggani oleh rumah sakit dalam sebulan mencapai 28.000 orang, 95 % itu yang dicover BPJS, 3 % lagi masuk dalam kategori umum, sisanya 2 % adalah pasien yang tidak punya apa-apa. Untuk sisa dari 2 % tersebut kami minta pendampingan dari Dinas Kesehatan.(TR-02)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.