oleh

Tahapan Pilkada Berubah

kotaksuara

RadarGorontalo.com -  Tahapan Pilkada di 101 daerah, termasuk juga di Gorontalo, mengalami perubahan. Perubahan tahapan pada Pilkada serentak ini, berdasarkan Peraturan KPU RI Nomor 4 tahun 2016 tentang Tahapan, Program, Jadwal, Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati.

“Perubahan ini terjadi pada beberapa tahapan. Diantaranya proses penelitian administrasi calon perseorangan, yang tadinya dimulai pada tanggal 3 sampai 12 Agustus, berubah menjadi tanggal 3 sampai dengan tanggal 7 Agustus. Kemudian tahapan penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda dari 4 sampai 17 Agustus,” ungkap Kabag Hukum, Teknis dan Hubmas KPU Provinsi Gorontalo, Aniki Suleman.

Selain itu, lanjut Aniki, perubahan juga terjadi pada tahapan pendaftaran pencalonan yang sebelumnya 19 sampai 21 september, berubah menjadi tanggal 21 sampai 23 September. “Perubahan lainnya juga terjadi pada proses pemutakhiran daftar pemilih, DPT B1 sudah tidak ada lagi dalam tahapan. Serta tahapan menyangkut proses audit dana kampanye, juga berubah,” kata Aniki.

Baca Selengkapnya :  Tahapan Pilkada 2017

Tentang adanya perubahan ini, kata Aniki, pihak KPU Provinsi Gorontalo telah melakukan revisi tahapan dan menerbitkan Keputusan KPU Provinsi Gorontalo Nomor 7 tahun 2016 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati. “Perubahan ini berlaku untuk 101 daerah yang menyelenggarakan Pilkada, tidak terkecuali di Pilkada di Gorontalo. Dan perubahan ini sudah kita sampaikan ke media, Bawaslu, partai politik dan juga pihak Polda Gorontalo. Dan KPU Provinsi Gorontalo tetap akan mempublikasikan perubahan tahapan ini di media massa,” jelas Aniki. (rg-40)


Jangan Lewatkan

Komentar