oleh

Tak Dicoret, Kesimpulan KPU Selamatkan Nelson

RGOL. ID. GORONTALO – KPU Kabupaten Gorontalo tidak melanjutkan rekomendasi Bawaslu atas dugaan penyalahgunaan wewenang yang ditujukan ke Nelson Pomalingo.

Hal itu setelah pleno KPU Kabupaten Gorontalo yang digelar Sabtu sore (10/17) kemarin dihadiri seluruh komisioner.

Rasyid Syaiu ketua KPU dalam jumpa persnya menyimpulkan bahwa apa yang dilakukan Nelson Pomalingo selaku petahana bukan merupakan penyalahgunaan kewenangan,

” Karena yang dilakukan jauh sebelum penetapan, dan berkenaan dengan upaya pemulihan ekonomi nasional yang dianjurkan oleh Kemendagri dalam mengatasi pandemi covid19. ” Tukas Rasyid.

Rasyid mengatakan ketiga program yang dilaporkan baik Sanitizer, Jelajah Wisata, dan Program Perikanan memang tidak terbukti melanggar PKPU pasal 71 ayat 3 akan penyalahgunaan wewenang Nelson selaku petahana.

Dengan demikian KPU mengembalikan hak hak Nelson Pomalingo selaku peserta pemilu Pilkada Kabupaten Gorontalo bersama Hendra Hemeto, ” Oleh sebab itu, hak dipilih dan memilih Nelson Pomalingo sebagai warga negara tetap ada, ” Ujar Rasyid.

KPU sendiri kata Rasyid menghadirkan 5 saksi ahli dan pemberi keterangan dari lintas perguruan tinggi di Indonesia, para pakar dan pihak Kemendagri.

Dengan demikian hasil kajian dan kesimpulan KPU tak jadi mencoret Nelson Pomalingo selaku petahana yang kini maju bersama Hendra Hemeto dalam koalisi PPP Golkar dan Garuda, Gelora, PKPI dan PBB. (Q)

Komentar