oleh

Tak Miliki Kompetensi, ASN Pohuwato Siap Siap Dimutasi

-Pohuwato-220 Pengunjung

RGOL.ID – Pejabat pimpinan tinggi pratama mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam struktur organisasi pemerintah, hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil serta peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 tahun 2019 tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras, saat membuka evaluasi jabatan/penyesuaian jabatan (JOB-FIT) pejabat pimpinan tinggi pratama setingkat eselon II-B, pemerintah daerah (Pemda) pohuwato, dengan didampingi Sekretaris daerah, Djoni Nento. Kamis (26/12) kemarin di aula BKPP.

“Evaluasi penyesuaian jabatan pimpinan tinggi bukanlah hal yang baru, hal ini menjadi bagian dari upaya reformasi birokrasi dan penerapan merit system menuju terwujudnya good governance dan clean governmen,” Ujar Wabup Amin Haras, kepada 27 pejabat pimpinan tinggi yang mengikuti Job-Fit.

Lanjut Wabup Amin Haras menyampaikan, Bupati selaku pejabat pembina kepegawaian di daerah dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja pimpinan tinggi pratama melalui mekanisme job fit yang akan dilakukan oleh panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama yang independent.

Apabila dalam evaluasi nanti terdapat pimpinan perangkat daerah yang belum mampu menunjukkan kinerja yang baik dalam melakukan inovasi dan pencapaian target kinerja, mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah serta menciptakan iklim kerja yang kondusif pada perangkat daerah yang dipimpinnya, maka kata Wabup Amin, akan dilakukan rotasi atau mutasi pada jabatan pimpinan tinggi pratama yang lain.

Namun dirinya yakin 27 pejabat yang mengikuti Job fit tersebut dapat menunjukan kapasitasnya dan kualitasnya. “Saya yakin dan percaya saudara akan mampu menunjukkan kapasitas dan kompetensi serta inovasi dihadapan panitia seleksi nanti, dengan pengalaman saudara-saudara selama ini saya yakin saudara dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” pungkasnya. (tr-13)


Komentar