Tanaman Adat Harus Dilestarikan

tampak Wabup Amin ikut melakukan penanaman salah satu tanaman adat gorontalo

RadarGorontalo.com – Pemerintah daerah mulai melakukan penanaman beberapa tanaman adat seperti pinang (luhuto), puring (polohungo) dan nangka (langge) demi menjaga kelestarian tanaman-tanaman tersebut.

Beberapa tanaman ini sering dipakai dalam upacara adat istiadat Gorontalo. Entah itu pada kegiatan pemerintah yang bernuansa adat maupun hajatan warga. Oleh sebabnya, supaya tanaman adat itu mudah didapatkan, pemerintah daerah mulai melestarikan tanaman-tanaman tersebut.

Belum lama ini, dilakukan kegiatan penanaman tanaman adat yang dilakukan Wakil Bupati Amin Haras beserta sejumlah pejabat yang dilakukan di halaman rumah adat.

Wabup Amin mengatakan bahwa tanaman adat ini perlu untuk dilestarikan. “Karena di Gorontalo termasuk Pohuwato memiliki adat tradisional yang begitu mengakar yang perlu dan terus dilestarikan. Dimana pada setiap kegiatan-kegiatan upacara adat ada beberapa tanaman tertentu yang dibutuhkan dan sudah mulai langka sehingga itu ada upaya bersama untuk melestarikannya terutama tanaman yang berhubungan dengan upacara-upacara adat Gorontalo khusunya di Pohuwato,” kata wabup.

Nantinya, ketika ada upacara adat pemerintah daerah tidak perlu susah-susah untuk mencarinya. Ia pun sangat berharap, tanaman yang barusan ditanam itu dapat dirawat dengan baik. (RG-58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.