Target Percontohan Kampung Vaname se-Indonesia Timur

Pemda Kawal Budidaya Udang Vaname di Desa Kramat

BOALEMO(RADAR) -  Rencana pemerintah dalam mengembangkan kawasan Kampung Vaname di Desa Kramat Kecamatan Mananggu, makin dipermantap. Bupati Boalemo Rum Pagau didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Boalemo Hartati Moha Pagau, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Boalemo Boalemo Sila Botutihe, Staf Ahli Bupati Boalemo Bidang Pertanian dan Perkebunan Agusrono Napu dan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Gerson Samin serta Camat Mananggu Darwan Laiya, meninjau lokasi tambak di Desa Kramat Kecamatan Mananggu. Bupati Rum Pagau terus berupaya penuh dalam mensukseskan program pengembangan udang vaname sebagai salah satu potensi perekonomian daerah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Boalemo Sila Botutihe saat diwawancarai RADAR Gorontalo mengungkapkan, Kampung Vaname ini sebelumnya telah dicanangkan langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Bupati Boalemo Rum Pagau pada beberapa bulan yang lalu. Arti dari Kampung Vaname ini, lanjut Sila, yakni komitmen bersama semua komponen dalam membudidayakan udang vaname.

Ia mengungkapkan, secara keseluruhan di Kabupaten Boalemo, potensi lahan yang layak dijadikan menjadi kawasan tambak seluas 3.600 hektar. Yang paling cocok, ada sekitar 785 hektar.”Luas tersebut berarti mencapai 25 persen dari potensi tambak di daerah ini,” kata Sila. Menariknya, 70 persen potensi lahan tambah, berada di Kecamatan Mananggu. Sehingga, pemerintah pun bersepakat untuk menetapkan Kecamatan Mananggu, khususnya Desa Kramat sebagai Kampung Vaname. Sila menambahkan, saat ini Pemerintah Provinsi Gorontalo terus bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo dalam rangka mewujudkan program Kampung Vaname ini. Menurut Sila, bila program ini berhasil, maka Kampung Vaname di Kecamatan Mananggu ini akan menjadi percontohan pembudidayaan udang vaname di wilayah Indonesia Timur.

Selanjutnya, pencanangan Kampung Vaname di Desa Kramat Mananggu, dinilai sangat tepat. Betapa tidak, selain didukung potensi dan tekhnis yang memenugi syarat, animo masyarakat dalam membudidayakan udang vaname juga sangat tinggi. “Masyarakat sangat bersemangat. Sekarang pendapatan panen yang telah mereka dapatkan pada beberapa waktu terakhir ini sangat baik.  Dan kini sudah terbentuk koperasi kelompok budidaya udang vaname yang beranggotakan sekitar 50 orang,” beber Sila. Ia pun menambahkan, pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Bupati Boalemo Rum Pagau dan Wakil Bupati Lahmudin Hambali senantiasa akan berkomitmen dalam melakukan pendampinga terhadap suksesnya program pembudidayaan udang vaname ini. (RG-27/RG-59)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar