Massa aksi LABRAK menggelar aksi demo di halaman Mapolres Pohuwato, mendesak Kapolres Pohuwato turun dari jabatannya dan bahkan mendesak pencopotan Kapolres Pohuwato.
Massa aksi LABRAK menggelar aksi demo di halaman Mapolres Pohuwato, mendesak Kapolres Pohuwato turun dari jabatannya dan bahkan mendesak pencopotan Kapolres Pohuwato.

Demo di Polres Pohuwato

RadarGorontalo.com – Puluhan massa aksi yang tergabung dalam aliansi Lembaga Aksi Bela Rakyat (LABRAK) menggelar demo di depan halaman Mapolres Pohuwato, Kamis (20/10). Dalam tuntutannya, mereka mempertanyakan penanganan sejumlah kasus hukum yang menurut demonstran tak jelas statusnya.

Beberapa kasus yang menurut LABRAK status proses hukumnya tak jelas itu, diantaranya persoalan mangrove, OTT (Operasi Tangkap Tangan) kasus narkoba beberapa waktu lalu yang diduga pelakunya adalah dari kalangan pejabat, kasus dugaan LGBT dan pemukulan warga hingga pemukulan mahasiswa yang diduga pelakunya melibatkan oknum anggota polisi. Mereka mendesak penuntasan proses hukum seluruh kasus-kasus itu. Jangan sampai penegakan hukum dilakukan tebang pilih dan transaksional. Kalau kasus-kasus besar itu tak kunjung tuntas, LABRAK meminta Kapolres untuk mundur dari jabatannya.

Menanggapi tuntutan massa aksi, Kapolres Pohuwato, AKBP Agus Sutrisno memaparkan, untuk kasus narkoba, berkasnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Pohuwato. “Terkait kasus mangrove kami pihak Polres Pohuwato tinggal menunggu SK penetapan cagar alam yang ada di kawasan tanjung panjang. Karena yang menjadi kendala utama adalah apakah masyarakat ini berada di kawasan terlarang atau tidak,” ungkap Kapolres sembari mengakui, pihaknya masih kekurangan ilmu tentang penyidikan. Sehingga pihaknya masih butuh masukan dan kritikan dari masyarakat.

Massa aksi pun mengancam akan menggelar aksi ini selama seminggu apabila kasus-kasus tersebut tidak ada tindaklanjutnya dari pihak kepolisian resor Pohuwato. Seluruh bukti-bukti kasus tersebut termasuk korban dugaan kasus LGBT akan dibawa massa aksi ke Polres Pohuwato. (RG-55/RG-58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.