RGOL.ID- Pemerintah Kota Gorontalo berssama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo tandatangani kerja sama, Tentang Perlindungan 10.000 Pekerja Rentan Tahun 2023.

Hal ini terungkap, saat dilaksanakannya rapat kerja kerja sama operasioan dalam rangka implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2021 dan Inpres nomor 4 tahun 2022, Senin (6/2/20230 dimanado.

Walikota Gorontalo Marten A. Taha mengungkapkan, program jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan amanat Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial nasional, Instruksi Presiden No 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan, dan surat edaran menteri dalam negeri Republik Indonesia nomor 842.2/5193/sj Tahun 2021 tentang pelaksanaan program implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan di pemerintah daerah dalam mendukung program jaminan sosial.

Sementara untuk Kota Gorontalo sendiri, kata Marten, pemerintah daerah telah mengeluarkan peraturan wali kota tentang program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja informal rentan.

“Regulasi yang dimaksud lewat peraturan walikota no 13 tahun 2019 tentang program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga penunjang kegiatan daerah, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, pekerja informal di Kota Gorontalo, dan beberapa regulasi lainnya yang telah dikeluarkan pemerintah kota dalam mendukung program jaminan sosial ketenagakerjaan di Kota Gorontalo.

Dengan regulasi tersebut, pemerintah menginginkan seluruh masyarakat Kota Gorontalo, baik pekerja formal maupun informal dapat terlindungi oleh program jaminan sosial ketenagakerjaan, “ujar Marten.

Selain itu juga, Pemerintah Kota Gorontalo menginginkan seluruh masyarakat Kota Gorontalo baik pekerja formal atau penerima upah dan pekerja informal bukan penerima upah terlindungi pada program jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan ketenagakerjaan, merupakan bukti nyata dari dukungan pemerintah dalam memberikan kesejahteraan bagi warga masyarakatnya.

“Oleh itu, BPJS ini bentuk komitmen bersama Pemerintah Kota Gorontalo memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di Kota Gorontalo, “tukasnya.(lev).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.