oleh

Terlalu Lama Duduk? Cara ini Bisa Membantu Anda

Ilustrasi. Foto abmfederal
Ilustrasi. Foto abmfederal

DUDUK terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Nah, olahraga secara teratur bisa membantu melawan efek kesehatan berbahaya dari terlalu banyak duduk. Hal itu seperti diungkap dari sebuah penelitian di Inggris.

“Penelitian ini penting karena menunjukkan mengapa aktivitas fisik dan olahraga sangat penting dilakukan. Ini menunjukkan bahwa orang-orang yang menghabiskan banyak waktu tidak bergerak, baik melalui kerja, santai atau gaya hidup, bisa menangkal beberapa efek negatif dengan teratur berolahraga,” ujar penulis studi, Kishan Bakrania, seperti dilansir laman Health, Senin (2/5).

Para peneliti menganalisis data dari survei kesehatan nasional 2008 orang dewasa di Inggris. Mereka mengelompokkan orang sesuai dengan tingkat aktivitas fisik dan waktu lama duduk mereka.

Orang dewasa yang duduk banyak dan tidak melakukan latihan apa pun memiliki penyakit jantung dan risiko terkena diabetes lebih tinggi, daripada mereka yang menghabiskan banyak waktu duduk tapi berolahraga secara teratur.

Mereka juga menemukan bahwa orang yang menghabiskan lebih sedikit waktu duduk memiliki kadar kolesterol baik (HDL).

“Penelitian ini lebih menekankan pentingnya aktivitas fisik dan pemeliharaan kesehatan,” kata pemimpin peneliti, Thomas Yates.

Studi ini dipublikasikan secara online dalam jurnal BMC Public Health.(fny/chi/jpnn/rg)


Jangan Lewatkan

Komentar