oleh

Thariq ‘Turun Tangan’ Perbaiki Mekanisme Pengelolaan Alsintan di Dinas TPHP

RGOL.ID, GORUT – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu ingin mekanisme pengelolaan peminjaman alat dan mesin pertanian (alsintan) di bawah koordinasi Dinas Pertanian dapat benar-benar memberi azas manfaat bagi petani.

Pasalnya, perawatan dari pada alsintan yang notabene untuk membantu proses produksi pertanian, dinilai tidak terkelola dengan baik. Sehingga ketika petani atau kelompok tani membutuhkan peminjaman alsintan, justru alsintan yang dibutuhkan tak bisa beroperasi, karena masalah teknis.

Untuk itu, atas persoalan tersebut, Senin (18/04/2022) kemarin, Plt Bupati Gorut, Thariq Modanggu, usai apel Korpri, mendatangi Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Gorut.

“Setelah mendapatkan keluhan dari warga masyarakat (petani) soal pemanfaatan alat panen zonder dan lain-lain. Makanya saya ingin melihat mekanisme pengelolaan, peminjaman dan pemanfaatannya. Ini yang saya cek,” ungkap Thariq.

Pada dasarnya, dari apa yang dilihat, Thariq mengaku, ada hal-hal yang perlu dibenahi dari administrasi di Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan. Termasuk di tingkat pemanfaatan.

“Karena yang meminjam barang ini ada hal-hal yang harus dipatuhi. Karena ini sifatnya pinjaman. Nah, makanya berkaitan dengan itu, ada soal pemeliharaan alat yang kurang jalan. Akibat kurangnya pemeliharaan alat, maka kebutuhan petani pada saat musim panen itu jadi terhalang karena tidak semua alat aktif, di satu sisi panen itu hampir serentak. Sehingga kebutuhan pemanfaatan dari alsintan ini menjadi terbatas,” terangnya.

“Makanya, ini yang ingin saya perbaiki mulai dari sistem pengadministrasian peminjaman sampai pada pengelolaan di lapangan,” pungkas Thariq. (ind-56)


Jangan Lewatkan

Komentar