oleh

Tidak Pakai Masker, Pengunjung Pasar Moodu di Swab Antigen

-Kota Gorontalo1-156 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Dalam rangka mencegah penularan Covid-19, Pemerintah Gorontalo mulai menerapkan kebijakan swab antigen di tempat bagi masyarakat yang kedapatan tidak mematuhi Protokol Kesehatan. Hal ini seperti yang dilakukan tim patroli PPKM Kota Gorontalo di Pasar Moodu, Kecamatan Kota Timur, Senin (9/8/2021).

Tim yang terdiri dari TNI, Polri, Pemerintah Kota dan Gugus Tugas ini memantau langsung para pengunjung dan pedagang di Pasar bersamaan dengan operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan (Prokes). Jika ada pengunjung dan pedagang yang tidak memakai masker, langsung dilakukan tes Swab Antigen oleh petugas medis.

“dari hasil patroli di pasar Moodu, sebanyak lima warga yang tidak mematuhi Protkes langsung diambil sampel tes swab antigen dan hasilnya negatif,” ungkap Kapolsek Kota Timur, IPDA Ibnu Katsir Rizka.

Kapolsek menambahkan pada kesempatan itu, masyarakat yang tidak mematuhi Protkes langsung diberikan edukasi dan pemahaman agar selalu menerapkan protokol kesehatan(Prokes), khususnya mematuhi budaya 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjahui kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“diharapkan dengan kebijakan swab antigen di tempat dapat mendisiplinkan masyarakat untuk taat terhadap Prokes, apalagi saat ini pasien Covid-19 di Kota Gorontalo mengalami kenaikan,” tambahnya. Tes swab antigen dipilih untuk memeriksa warga tak bermasker, sebab proses pembacaan hasil pemeriksaan spesimen lebih cepat. Warga yang telah dites diminta untuk menunggu hasil pemeriksaan. Apabila hasil tes menunjukan reaktif, maka akan ditangani lebih lanjut. (awl)


Komentar