oleh

Tiga Tim Pansus Gelar Rapat Serentak

-Pohuwato-236 Pengunjung

RGOL.ID – Gorontalo, DPRD Kabupaten Pohuwato gelar rapat Pansus Tatib, Kode etik dan Tata acara guna merampungkan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) untuk periode 2019-2024.

Rapat ini dibagi menjadi 3 tim sesuai pembahasan masing-masing yang dipimpin oleh ketua Pansus terpilih. Untuk pembahasan Tatib di ketuai oleh Wawan Hatama, pembahasan Kode etik oleh ketua Amran Anjulangi dan pemabahasan tata beracara diketuai oleh Otan Mamu.

Kepada Rakyat Gorontalo, Ketua Pansus tatib DPRD Wawan Hatama mengungkapkan, rapat pansus kali ini adalah untuk penyempurnaan atau melengkapi tata tertib (tatib) kedewanan.

Wawan memastikan, pembahasan rancangan tatib tersebut telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan Tatat Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

“Pembuatan tatib ini, kita mengacu pada PP 12 bahwa mengurangi isi PP itu tidak boleh, tetapi menambah apa yang ada didalam PP itu baru boleh, sepanjang tidak bertentangan dengan yang lebih tinggi.” kata Wawan, Kamis (3/10) kemarin.

Ditempat terpisah, Amran Anjulangi selaku Ketua Pansus Kode etik menjabarkan bahwa saat ini pembahasan Kode etik sudah rampung tapi masih dalam bentuk draft dan akan dipaparkan besok (Jumat dini hari) dengan ketiga pembahasan kelengkapan dewan lainnya.

“Insya Allah ini sudah mulai kita pparkan besok ba’da Jumat untuk segera diplenokan dan langsung kita serahkan ke biro hukum dari hasil pleno tersebut.” jelas Politisi PKB itu.

Sementara itu, Sebagai Koordinator Pansus, Nasir Giasi menyampaikan, selaku pimpinan DPRD dirinya sangat berharap agar Tatib, Kode Etik hingga Tata Beracara DPRD benar-benar mampu diselesaikan pembahasanya sesuai dengan tenggat waktu yang telah disepakati.

Mengingat, selain pembahasan peraturan DPRD tersebut, pihaknya juga terus berupaya untuk menyelesaikan beberapa agenda penting lainya.

“Sehingganya, kami unsur pimpinan sangat mengharapkan agar masing-masing tim mampu untuk menyelesaikan pembahasannya dengan baik. Mengingat, Tatib, Kode Etik serta Tata Beracara merupakan alas kerja kita di lima tahun mendatang,” ucap politisi Partai Golkar tersebut. (Sel/tr-03)


Komentar