oleh

Tiga Tokoh Perantauan di Pilgub

GORONTALO (RGOL.ID) – Jika Rachmat Gobel, Roem Kono, Tonny Uloli maju di Pilgub, maka ketiga tokoh perantauan ituĀ  semuanya mewakili Bonebol. Menariknya mereka ini datang dari 3 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bonebol. Rachmat dariĀ  Tapa, Roem Suwawa dan Tonny dari Kabila.

Dulu waktu Gorontalo masih bagian dari Sulut, salah satu kader Gorontalo yang jadi Wagub Sulut adalah Achmad Nadjamuddin. Almarhum adalah putra Bonebol.

Lalu pasangan Rusli Habibie – Idris Rahim yang sudah dua periode ini memimpin Gorontalo adalah putra Bonebol. Itu artinya kalau nanti salah satu diantara 3 tokoh diatas menang di Pilgub, maka Gorontalo kembali dipimpin Putra Bonebol.

Sementara dari Kabgor hanya ada satu nama yaitu Nelson Pomalingo, kemudian dari Pohuwato ada Syarief Mbuinga dan dari Kota ada Marten Taha. Lalu siapa saja pasangan Cagub yang akan bertarung nanti?

Jika dari Golkar ada 5 kadernya dan dari 5 ini diprediksi ada lebih dua yang ikut Pilgub dan ini tak bisa dibendung, karena memang Golkar punya kader-kader yang bagus.

Dari 5 tokoh ini, besar kemungkinan ada yang berpasangan di Pilgub, karena itu sangat memungkinkan kalau Golkar bisa bertahan dengan 10 kursi, artinya tak perlu koalisi.

Nah, dalam hal ini bisa Roem Kono -Idah Syahidah, Roem Kono – Syarief Mbuinga atau Tonny Uloli – Marten Taha dan bisa juga Idah Syahidah – Syarief Mbuinga.

Tetapi yang bisa maju dari partai lain adalah Tonny, dia bisa saja berpasangan dengan Nelson Pomalingo, lewat PDIP – PPP, sementara Marten bisa mendampingi Rachmat Gobel lewat Nasdem – Demokrat (Badai Biru).

Sementara dari Golkar bisa Roem Kono – Idah Syahidah, bisa juga Roem Kono – Syarief Mbuinga. Tetapi bisa juga Idah Syahidah – Syarief Mbuinga.

Namun kalau Golkar harus koalisi, maka yang paling sangat mungkin dengan PPP itu artinya bisa Roem Kono – Nelson Pomalingo, bisa juga Idah Syahidah – Nelson Pomalingo.

Kalau terjadi lokal-lokal, maka bisa muncul Marten Taha – Hamim Pou atau Marten Taha – Rama Datau, kemudian Idah Syahidah – Nelson Pomalingo, atau Nelson Pomalingo – Syarief Mbuinga dan siapa yang papan satu tergantung rekomendasi survey dan hasil Pileg dan lebih itu adalah fulus (uang). (LaAwal-46)


Komentar