oleh

Mahasiswa KKN Tematik UNG Gelar Pelatihan Produksi Potensi Lokal

-Ekonomi, Kampus-599 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Berbagai cara dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dalam mensukseskan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tahun 2021.

Salah satunya bisa dilihat pada program mahasiswa KKN Tematik UNG di Desa Tuloa, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango, yakni pelatihan produksi potensi lokal bagi kelompok ekonomi masyarakat, yang dipusatkan di Aula Kantor Desa Tuloa, Selasa (26/10/2021).

Kegiatan dengan tema ‘pengembangan potensi lokal’ itu dihadiri oleh Kepala Desa Tuloa , Marwan Damiti, S.Pd serta Dosen Pembimbing Lapangan Yulinda L. Ismail, S.Pd., M.Si., dan Andi Juana S.Pd., M.Sc.

Pada kegiatan pelatihan ini, mahasiswa KKN Tematik UNG menghadirkan para pemateri yang ahli dibidangnya masing-masing.

Wahyu yang mengulas materi Virgin Coconut Oil (VCO), menyampaikan kemudahan-kemudahan mengolah kelapa menjadi VCO.

“kelapa yang diolah menjadi VCO punya nilai jual yang tinggi, karena kelapa mengandung kolesterol yang lebih sedikit dari sawit, sehingga kelapa paling potensial untuk dikembangkan di Gorontalo, termasuk di Desa Tuloa,” ujarnya.

Bahkan kata Wahyu, negara Jerman memilih mengolah kelapa dibanding sawit.

Pemateri lainnya adalah Faradila Sinandaka yang mengulas tentang industri permen soba yang potensinya juga cukup menjanjikan untuk dikembangkan.

“permen soba ini, pembuatannya sederhana, modalnya juga kecil, tapi omsetnya lumayan bagus,” ujar Faradila.

Pemateri terakhir adalah Melinda Kadulu yang mengulas tentang pembuatan kripik pisang.

Dimana dengan cara pembuatannya yang sederhana dan bahanya mudah didapatkan serta potensi pasarnya yang sangat menjanjikan, maka diharapkan masyarakat Desa Tuloa bisa membuat keripik pisang.

Melinda berharap setelah pelatihan ini, maka ada kelompok masyarakat atau UMKM di Desa Tuloa yang dapat melanjutkan pengembangan inovasi pembuatan keripik pisang.

Sementara itu, Kepala Desa Tuloa, Marwan Damiti menyampaikan program pelatihan yang digelar mahasiswa KKN Tematik UNG merupakan upaya untuk membangun ekonomi desa yang baik.

“ini program inovatif dari mahasiswa KKN Tematik yang sangat besar manfaatnya untuk masyarakat Desa Tuloa,” ujarnya.

Sehingga itu, Kepala Desa Tuloa sangat mengharapkan agar supaya pelatihan ini dapat menambah pundi-pundi penghasilan bagi masyarakat serta mengangkat nama Desa dan Karang Taruna Desa Tuloa. (awl)


Komentar