oleh

Tingkatkan Kualitas Jebolan SMK

BOALEMO(RADAR) – Wakil Bupati Boalemo Lahmudin Hambali memberikan semangat kepada seluruh siswa dan siswi SMK, untuk bisa terus mengasah kompetensi diri. Menurut Wabup, di era perkembangan zaman yang dibarengi dengan kemajuan tekhnologi ini, diperlukan sumber daya manusia yang benar-benar siap kerja serta memiliki daya saing. “Provinsi Gorontalo dan lebih khusus Kabupaten Boalemo, saat ini terus mengalami perkembangan. Hal ini harus ditunjang ataupun didukung penuh oleh ketersediaan yang mumpuni dalam mengawal perkembangan yang ada,” tandasnya.

Di SMK sendiri, seluruh siswa dan siswi diberikan pelajaran ataupun penguatan secara langsung tentang berbagai kompetensi. Dimana, sebagai sekolah kejuruan, SMK gencar melahirkan sumber daya manusia yang cakap dalam berbagai profesi, seperti ahli kelistrikan, pertukangan, perhotelan hingga informasi tekhnologi. “Ini tentunya sangat relevan dengan perkembangan yang tengah digalakan di daerah ini,” ungkapnya.

Saat ini, pemerintah daerah Kabupaten Boalemo terus berupaya penuh dalam mengembangkan berbagai sektor dan potensi sumber daya alam. Mulai dari pariwisata, perikanan dan kelautan hingga pertanian dan perkebunan. Bahkan, hal ini menjad program unggulan pemerintah daerah Kabupaten Boalemo dibawah kepemimpinan Bupati Boalemo Rum Pagau dan Wakil Bupati Lahmudin Hambali.

Untuk itu, Wabup berharap, agar SMK bisa melahirkan seluruh tenaga kerja handal untuk menopang berbagai potensi dan sumber daya alam yang ada. “Jadi, SMK Kelautan dan Perikanan, SMK Pertanian serta SMK lainnya yang memiliki klasifikasi jurusan kepariwisataan ataupun perhotelan, harus mengasah secara baik para anak didiknya. Karena, mereka nantinya akan sangat diperlukan,” kata Lahmudin. Sekarang ini saja, lanjut Lahmudin, Kabupaten Boalemo terus kedatangan berbagai investor, baik dari sektor pariwisata maupun pertanian.

Sejauh ini, tenaga kerja yang mereka butuhkan untuk dipekerjakan dalam usaha investasi mereka, masih sangat minim. Sehingganya, mau tidak mau, banyak investor yang masih menggunakan tenaga kerja dari luar daerah, untuk memenuhi posisi-posisi strategis dalam usaha investasi mereka. “Padahal, pemerintah daerah telah memintakan bahwa investor harus memberdayakan tenaga kerja lokal. Karena, terbilang masih minim, terpaksa mereka mencari tenaga kerja yang cakap dan profesional dibidangnya, yang berasal dari luar daerah,” cetus Wabup.

Untuk itu, ia pun menghimbau kepada seluruh siswa SMK untuk bersemangat mengenyam pendidikan kejuruan. Karena, dengan demikian, para siswa akan menjadi tenaga kerja yang handal ketika memasuki dunia kerja. (RG-27/RG-59)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar