TKA asal Tiongkok Membeludak, Tuding Ada Oknum Bermain - JPNN.COM
Tenaga kerja asal Tiongkok. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

JPNN.com – Anggota Komisi III DPR Muslim Ayub meyakini ada oknum petugas imigrasi yang bermain di balik banyaknya tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal Tiongkok yang masuk ke Indoonesia.

Muslim menyebut aparat bermain mata dengan pengusaha ketika perpanjangan visa turis.

Hal ini sangat disayangkan politikus PAN tersebut, mengingat masih banyak rakyat yang menganggur.

“Di kita ini angka pengangguran banyak, eh malah di bidang sektoralnya dikuasai sama TKA China. Pasti ini ada permainan oknum imigrasi untuk memperpanjang visa turis,” kata Muslim, Sabtu (24/12).

Dia tidak sependapat dengan pernyataan Presiden Joko Widodo, yang meminta masalah TKA ilegal asal Tiongkok jangan dibesar-besarkan.

Karena faktanya, kebanyakan pekerja ilegal asal Tiongkok itu menggunakan visa turis.

Bahkan, lanjutnya, turis-turis asal Tiongkok sengaja dimanfaatkan oleh pebisnis dari negara tersebut yang bermain dalam bidang elektronik seperti handphone. Itu bisa dilihat di Serpong dan berbagai pusat elektronik lain.

“Jadi tidak benar bila Jokowi bilang TKA China ini tak ada persoalan yang menyalahi aturan. Di Aceh saja pekerja kasarnya di sektor pertambangan seperti biji besi, batu bara, emas, dari China ada,” ujar Muslim.

Meski begitu, politikus asal Aceh ini juga tak setuju bila disebut Indonesia sudah diserbu 20 juta orang TKA Tiongkok. Sebab, diperkirakan angkanya belum sebesar itu. (fat/jpnn/rg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.