TMMD Siap Cor Jalan, Petani Merdeka

SALAH satu anggota TMMD berada diatas ekscavator sekaligus mengawasi kegiatan penimbunan pasir dijalur jalan yang siap untuk dicor rabat beton. (Awal/RG)

RadarGorontalo.com – Lagi dan lagi, kegiatan membangun jalan rebat beton yang menghubungkan desa terpencil dan terisolir Tulabolo Timur dan desa Tulabolo oleh Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 menuai banyak pujian.

Apalagi kegiatan yang dalam waktu dua hari kedepan sudah akan dimulai pengecoran jalan ini, tidak hanya bertujuan untuk peningkatan pembangunan daerah, akan tetapi untuk membantu masyarakat petani, khususnya yang ada di Tulabolo Timur. “Tulabolo Timur ini daerah pertanian. Dari 635 jiwa dengan 198 kepala keluarga, 98 persen atau 168 jiwa berprofesi sebagai petani.” ungkap Abdul Karim Sahari, tokoh masyarakat Tulabolo Timur.

Salah satu kendala yang paling krusial dihadapi masyarakat Tulabolo Timur sejak tahun 1981 sampai dengan sekarang ini, adalah akses jalan yang sulit menuju ibukota kecamatan, kabupaten maupun provinsi Gorontalo atau menuju pusat-pusat perekonomian.

Dan inilah salah satu penyebab masyarakat Tulabolo Timur sangat terasing dan terisolir. “kami masyarakat Tulabolo Timur sangat berterima kasih kepada TMMD. Karena dengan hadirnya program TMMD ini, kami masyarakat petani sudah sangat merdeka.” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Camat Suwawa Timur, Maxmilian Ali bahwa jalan yang akan dibangun TMMD ini sangat krusial dan merupakan satu-satunya akses jalan masyarakat Tulabolo Timur. “alhamdulillah dengan dibangunnya jalan ini oleh TMMD, maka para petani akan mudah untuk memasarkan hasil-hasil pertaniannya di pusat-pusat perekonomian yang ada di ibukota kabupaten dan provinsi Gorontalo.” jelasnya.

Maxmilian juga menambahkan, untuk memperlancar kegiatan TMMD ini, maka pemerintah kecamatan telah membentuk kelompok yang terdiri dari pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat untuk membantu kegiatan-kegiatan TMMD.

Sementara itu, Komandan Kompi (Danki) SSK TMMD, Kapten Inf. Basran saat ditemui di lokasi menjelaskan bahwa akses jalan rabat beton yang akan dibangun TMMD yang menghubungkan desa Tulabolo dan Tulabolo Timur adalah sepanjang 1.700 meter. “kegiatan ini melibatkan semua pihak, dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut, kepolisian serta masyarakat desa Tulabolo dan Tulabolo Timur.” paparnya.  Kapten Inf. Basran juga sangat mengakui antusias dan semangat masyarakat membantu kelancaran kegiatan TMMD ini.

Sementara itu, Pasi Ter Kodim 1304 Provinsi Gorontalo, Kapten Czi H. Ibrahim menyampaikan bahwa pasukan TMMD bersama masyarakat sementara merampungkan penimbunan sirtu dibeberapa ruas jalan yang parah kerusakannya karena lumpur dan berlubang.

Penimbunan ini bertujuan meratakan jalan sehingga mudah untuk dilakukan pengecoran. “insya Allah dalam waktu satu dua hari ini pengecoran jalan sudah bisa dimulai dengan target pengecoran setiap hari 75 meter.” ujarnya.

Selain itu, untuk memperlancar ketersediaan air sebagai campuran material, maka Kapten Ibrahim memerintahkan kepada pasukan TMMD untuk membangun bak penampung air dari bahan terpal yang dipasang pada patok segi empat dengan jarak setiap 100 meter.

Sedangkan untuk kondisi cuaca pegunungan yang tidak menentu dan bisa mempengaruhi kegiatan TMMD ini. Kapten Ibrahim mengaku bagi TNI segala cuaca bukan menjadi hambatan atau penghalang, tapi menjadi sahabat.

Meskipun dalam kondisi cuaca yang bagaimana pun juga, TNI dan rakyat akan terus berupaya mensukseskan kegiatan TMMD ini. “kuncinya hanya satu, apa yang sudah diprogramkan wajib dan harus tercapai hasilnya, karena manfaatnya besar untuk rakyat.” tegasnya.

Terakhir, Kapten Ibrahim berharap melalui kegiatan TMMD membangun jalan rabat beton ini, dapat membantu mempermudah petani dalam akses transportasi pengangkutan dan penjualan hasil-hasil pertanian. “insya Allah hasil dari TMMD ini bisa meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat petani, khususnya yang ada di desa Tulabolo Timur dan sekitarnya.” tutur Kapten Ibrahim. (RG-46)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.