TNI AL Menanam Mangrove di Bone Pantai Gorontalo

RGOL.ID, GORONTALO – Dalam rangka mendukung program penanggulangan bencana di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Gorontalo, TNI Angkatan Laut (AL) menggelar kegiatan penanaman mangrove secara serentak di 77 lokasi di Indonesia.

Untuk wilayah Provinsi Gorontalo, kegiatan penanaman mangrove dilakukan di wilayah maritim TNI AL, di Desa Tongo, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (26/7/2022) dengan tema ‘Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Tahun 2022 TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana, Perubahan Iklim dan Cuaca Global’.

Komandan TNI AL (Danlanal) Gorontalo, Letkol Laut (P) Homa Sugama, mengatakan kegiatan ini dalam rangka menyambut HUT ke-77 kemerdekaan RI dan memperingati hari mangrove sedunia Tahun 2022, sekaligus pemecahan rekor Muri.

Danlanal menambahkan, tujuan penanaman mangrove adalah untuk mendukung program pemerintah, memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut, menjaga kelestarian hutan mangrove, mewujudkan ketahanan wilayah, serta kerjasama yang baik antar komponen bangsa serta terjalinnya sinergitas antara TNI AL dan rakyat.

“terima kasih kepada Pemprov, Pemda Bone Bolango dan seluruh masyarakat yang telah memberikan tempat lokasi penanaman mangrove, serta terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup, Kepala BPDASHL yang telah menyediakan bibit mangrove,” ucapnya.

“semoga kegiatan penanaman mangrove ini dapat meningkatkan produktivitas sumber daya hayati di wilayah pesisir yang akan berpengaruh pada aspek perekonomian dan memberikan kontribusi yang yang bermanfaat bagi warga sekitar,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou menyampaikan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut yang menjaga kelestarian hitam mangrove di pesisir Bone Bolango.

“mangrove ini penting, harus terjaga dengan baik, hutan bakau menjadi rumah untuk berbagai spesies ikan dan biota laut, mencegah abrasi, dan yang paling penting menghalangi banjir atau gelombang besar,” ungkap Hamim.

Sehingga itu, Bupati berharap kepada Kepala Desa dan Camat untuk bersama-sama menjaga mangrove melalui peraturan desa.

Sementara itu, kegiatan penanaman mangrove dirangkaikan dengan kegiatan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat maritiim oleh Lanal Gorontalo, Binda Gorontalo dan PKM Puskesmas Bone Pantai. (awl)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar