oleh

Tombilotohe Kota di Laksanakan di Rumah

RGOL.ID, GORONTALO – Walikota Marten Taha, sampaikan sebagaimana tradisi Gorontalo dalam menyambut lebaran idul fitri di tiga malam terakhir pada malam pasang lampu atau tombilotohe, untuk sementara dilaksanakan dirumah masing-masing.

“Pemasangan pasang lampu yang menjadi tradisi gorontalo (tombilotohe), untuk tahun ini dilaksanakan dari rumah masing-masing. Tidak ada yang melaksanakan festival tombilotohe yang bisa mengundang para masyarakat banyak,” ujar Marten Tah, Senin (18/5/2020) dini hari.

Dirinya juga menyampaikan selain pelaksanaan tombilotohe, ada agenda rutin lainnya prmerintah kota laksanakan. Akan tetapi tahun ini juga tidak dilaksanakan secara serimonial. Begitu juga pelaksanaan motenggeyamo, takbiran serta pelaksaan sholat Id dimasa pandemi covid 19.

“Dari hasil rapat bersama para toko agama se Kota Gorontalo, Insa Allah apa yang menjadi keputusan bersama menjadi pokok pembahasan di provinsi nantinya,” terang Marten.

Hadir dalam rapat perdana yaitu, Walikota,Wakil Walikota Assisten I Pemerintahan Kota, Kabag kesra, Kemenag Kota, MUI Kota, Qodi, Bate, pemangku adat, takmirul mesjid serta toko agama lainnya.(lev).


Komentar