RGOL.ID, GORONTALO – Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) bersama Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli siap memaksimalkan Elekronifikasi Transaksi  Pemerintah Daerah (ETPD).

Wabup Merlan mengungkapkan, scoring Indeks ETPD Semester II Tahun 2022, untuk Kabupaten Bone Bolango merupakan salah satu Kabupaten Digital di  Indonesia dengan poin 98.5.

Hal ini merupakan suatu indikator bahwa Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah Bone Bolango sudah berjalan pada rel yang tepat, baik pajak, retribusi, ataupun sektor belanja.

“namun tidak cukup hanya berhenti sampai disini, TPD harus terus dilanjutkan dan terus ditingkatkan, sehingga nantinya dengan ETPD  tercipta transformasi ekonomi digital dan literasi masyarakat yang dapat berdampak pada efisiensi sektor belanja, peningkatan layanan publik dan juga Pendapatan Asli  Daerah,” ungkap Merlan S. Uloli saat membuka High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Bone Bolango Tahun 2023 di Restoran Meranti Indah,  yang turut dihadiri Sekretaris Daerah, Ishak Ntoma, Senin (6/2/2023).

Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Bone Bolango itu meminta para OPD yang  tergabung dalam TP2DD bisa memastikan bagaimana retribusi wisata di Lombongo harus diterima secara non tunai, begitu juga parkir, pelayanan kesehatan, pelayanan pasar dan  sektor lainnya.

“tentunya harus didukung juga dengan petugas pajak dan retribusi yang harus memiliki integritas, karena harapan penggunaan ETPD dapat mencegah kebocoran PAD  tetap harus didukung oleh Sumber Daya,” tambahnya.

Mantan Kadis Dukcapil Kota Jayapura itu juga berharap Bank Indonesia dan Bank SulutGo memastikan seluruh jenis channel pembayaran pajak retribusi yang umum berlaku saat ini dapat disediakan penggunaannya, sehingga masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak retribusi melalui Tokopedia, Traveloka, Indomaret, virtual account, dan beragam channel lainnya.

“dengan demikian peningkatan layanan dan kemudahan pembayaran di Kabupaten Bone Bolango dapat tercipta sebagai bagian terwujudnya Tata Kelola Pemerintah Digital di Kabupaten Bone Bolango,” harapnya.

Merlan pun berpesan agar kegiatan High Level Meeting TP2DD tidak hanya seremonial saja, tetapi harus ada manfaat dan dampak yang ditimbulkan dengan semangat, harapan dan peningkatan yang baru.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan dan  Pendapatan Daerah (BKPD), Iwan Mustapa menambahkan tujuan pelaksanaan High Level Meeting TP2DD yaitu sebagai evaluasi capaian implementasi digitalisasi dalam setiap  transaksi pembayaran dan perencanaan program ditahun 2023. (awl-46)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.