oleh

Tradisi “Zamra” Mulai Punah, Sance: Berharap Pemerintah Bisa Gelar Lomba

-Boalemo, Gorontalo, rgol.id-404 Pengunjung

RGOL.ID, Gorontalo – Tradisi Gorontalo Zamra atau biasa disebut Dana-dana saat ini jarang dijumpai dan bisa dibilang hampir punah. Dalam tradisi Gorontalo “Zamra” yang sangat disukai ini memang sering dijumpai disetiap malam acara resepsi atau disaat malam bakupas dalam menggelar hajatan. 

Sehingga itu jika lebih diamati atau melihat  bahwa tradisi Gorontalo yang menjadi kebanggaan masyarakat ini hampir mulai punah dibumi serambi Madinah, akan tetapi untuk tradisi ini sering kita jumpai dan terdengar hanya ada diwilayah Kabupaten Boalemo dan juga Pohuwato.

Sehingga itu mereka berharap agar tim Zamra yang merupakan tradisi masyarakat Gorontalo ada perhatian khusus dari Pemerintah baik Provinsi, Kabupaten/Kota untuk lebih mengembangkan tradisi ini jangan sampai hilang dibumi serambi Madinah.

Sebagaimana diungkapkan tim Zamra asal Tilamuta dari berbagai Desa yang ada diwilayah Kabupaten Boalemo berharap agar pimpinan daerah dalam hal ini Bupati Boalemo Hi.  Darwis Moridu untuk bisa mengembangkan tradisi ini dengan cara menggelar lomba tradisi Zamra tingkat provinsi yang dipusatkan di Boalemo sebagai tuan rumah dalam lomba ini.

“Kalo boleh untuk menumbuh kembangkan tradisi Zamra ini jangan sampai punah,  Pemerintah dalam hal ini Bupati Darwis bisa menggelar iven besar yang dipusatkan diwilayah Kabupaten Boalemo, ” jelas Sance Nangi merupakan Tuna Netra berperan sebagai Kuti lo Gambusi asal Desa Tangga II Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo yang sangat dikenal dikalangan masyarakat Boalemo. 

Hal serupa juga disampaikan tim Marwas sebagai pemukul gendang. Secara ramai-ramai mereka mengungkapkan bahwa dalam menggelar iven tradisi Zamra di Gorontalo yang mampu menggelar hanya mantan Bupati Boalemo Almarhum Iwan Bokings dalam melestarikan budaya dan tradisi masyarakat Boalemo.

“Sehingga itu kami sangat berharap agar Bupati Darwis Moridu bisa melanjutkan apa yang sudah dirintis Almarhum Bupati Boalemo dalam menggelar ivent tingkat provinsi Gorontalo, ” tegas Tim Marwas didampingi  2 orang Zamra yang tampil didepan dengan membuat lingkaran. 

Sementara itu ditempat terpisah Bupati Kabupaten Boalemo Darwis Moridu kepada media Rakyat Gorontalo setelah dikonfirmasi apa yang menjadi permintaan dan keinginan rakyatnya yakni tim Zamra ini sangat mensuport dan menyambut baik adanya Iven atau lomba Zamra dilaksanakan diwilayah Kabupaten Boalemo.

“Insya Allah saya akan menggelar lomba Zamra ini tingkat provinsi Gorontalo dan dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Boalemo, “ucapnya.
(RG-54)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.