oleh

UG Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

RGOL.ID – Pimpinan Universitas Gorontalo (UG), Senin kemarin (1/8), menyambangi Korem 133 Nani Wartabone. Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Rektor UG, Dr. Sofyan Abdullah guna membahas program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Dalam pertemuan itu turut hadir sejumlah pejabat dilingkungan Korem 133 Nani Wartabone. Turut hadir pula Dekan dan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan BPTP Provinsi Gorontalo.

“Iya, kami bersama Korem 133 membahas program ketahanan pangan yang nantinya akan ditinjau oleh KSAD Jenderal TNI Dudung,” ungkap rektor.

Setelah melakukan pembahasan di ruang Danrem, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lokasi tempat penanaman tanaman seperti jenis sayur sayuran, rempah-rempah dan tanaman buah lainnya.

Seperti diketahui Dudung Abdurachman sangat mendukung program ketahanan pangan dengan menjadikan sektor pertanian sebagai program strategis nasional untuk mewujudkan swasembada pangan.

Dukungan itu dilakukan Dudung dengan memerintahkan satuan jajaran TNI AD agar menciptakan lahan kosong menjadi lahan produktif yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Tujuannya untuk meningkatkan produksi pangan, sekaligus mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan.

Kedatangannya ke Gorontalo dikabarkan untuk melihat sejauh mana respons satuan jajaran TNI AD terhadap kebijakan yang ia berikan. 

“KSAD jenderal TNI ingin melihat bagaimana satuan-satuan mengimplementasikan perintahnya untuk membantu masyarakat yang terdampak masalah ekonominya paska Covid-19,” ujar Danrem.

Dirinya menuturkan, bahwa kegiatan ini menggambarkan adanya peran serta TNI AD dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan produksi pangan.

Khususnya padi melalui pengawalan dan pendampingan kepada para petani dalam penggarapan lahan. “Kegiatan ini menunjukkan adanya kebersamaan rakyat dengan TNI AD dalam upaya menyukseskan salah satu program pemerintah untuk menciptakan ketahanan pangan nasional.

Karenanya TNI AD akan selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun kesulitan itu dan bisa memberikan solusi,” pungkasnya. (rg-63)


Jangan Lewatkan

Komentar