RGOL.ID – Universitas Gorontalo (UG) kembali dipercaya Bank Indonesia (BI) menerima program beasiswa Generasi Baru Indonesia (GenBI).

Hal itu ditandai penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor UG, Dr. Sofyan Abdullah, SP, MP dan Kepala Perwakilan BI Provinsi Gorontalo, Ronny Widijarto, Rabu (25/1) kemarin.

Sebagaimana disampaikan Wakil Rektor III UG Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Dr. Dikson Junus, M.PA.

“Ya, jadi tadi (kemarin,red) itu penandatangan MoU dengan BI, pertama berkaitan dengan perpanjangan kerja sama program beasiswa GenBI yang sejak 2019 sudah dilakukan dengan UG,” ungkap Dikson.

Ia menjelaskan, program itu setiap tahunnya diperuntukkan kepada 50 mahasiswa yang telah memenuhi syarat.

“Beasiswa ini diperuntukkan kepada 50 mahasiswa berprestasi yang nantinya melewati tahapan identifikasi sesuai persyaratan yang ada. Nantinya mahasiswa yang memenuhi syarat disodorkan ke pihak BI, untuk diseleksi,” terang Dikson.

Lanjut dijelaskan Dikson, untuk seleksi oleh pihak BI, mahasiswa dituntut memahami dan memiliki jiwa kepemimpinan, kemudiaan penguasaan aspek kampus dan aspek kemasyarakatan.

“Sehingga nama – nama yang kami sodorkan adalah mereka yang memenuhi syarat sebagaimana ketentuan program beasiswa tersebut,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, ke depan mahasiswa penerima beasiswa GenBI pastinya menjadi binaan BI, misalnya nanti ketika mereka berwirausaha.

“Karena 50 mahasiswa itu tidak hanya sekadar beasiswa. Tapi, mereka juga mendapatkan pelatihan kepemimpinan, komunikasi publik. Yang jelas mereka menjadi agen-agen BI dan ketika mereka berwirausaha, BI akan bantu dari sisi pendanaan,” paparnya.

“Makanya, mahasiswa penerima beasiswa GenBI, dibimbing langsung oleh pihak BI. Bahkan, Pak Kepala Perwakilan BI itu menyampaikan kalau ada dosen dan karyawan yang punya usaha, itu juga bisa disupport BI melalui pembimbingan, seperti manajemen usaha dan pemasarannya,” pungkas Dikson. (RG-56)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.