oleh

UG Kini Miliki 9 Prodi Terakreditasi B

Universitas Gorontalo
Universitas Gorontalo

RadarGorontalo.com – Mengawali perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2016/2017, kembali civitas Universitas Gorontalo mendapatkan kabar membanggakan karena satu program studi kembali meraih akreditasi B, yakni Prodi Perikanan dan Kelautan Fakultas Pertanian. Kini UG total memiliki 9 Prodi berakreditasi B, dari 16 prodi yang dibina, baik S1 maupun S2. Raih nilai akreditasi B bagi suatu program studi atau institusi pendidikan tinggi tidaklah mudah, cukup sulit dan perlu kerja keras serta kebersamaan dan kekompakan seluruh civitas. “Prosesnya cukup panjang, karena banyak indikator dan dokumen yang harus dipersiapkan. Dari mulai pembentukan tim taskforce, penyusunan borang dan evaluasi diri, serta penyediaan dokumen pendukung yang lengkap.

Bahkan dapat menjadi beban bagi suatu kampus apabila tidak dapat mempersiapkan dengan baik,” ungkap Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UG Onong Junus, SE, MM. Nilai akreditasi bagi suatu kampus merupakan bentuk kebanggaan dan prestise, karena menjadi acuan pengakuan publik bahwa institusi atau program studi tersebut terjamin mutu dan kualitasnya. Pelaksanaan visitasi dan yang mengeluarkan nilai akreditasi bagi seluruh institusi kampus dan program studi adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). BAN-PT merupakan lembaga independen dan profesional, yang memiliki asesor ahli dan pilihan dari berbagai PTN/PTS di Indonesia.

Nilai akreditasi bagi kampus mencerminkan perguruan tinggi tersebut sehat, bermutu dan berkualitas, dilihat dari beberapa aspek, diantaranya ; a) memiliki visi, misi dan tujuan yang terukur, b) manajemen akademik berjalan efektif dan efisien, c) memiliki mahasiswa yang aktif, kreatif dan berprestasi, d) memiliki SDM dosen dan pegawai yang profesional, e) memiliki pendanaan yang baik, f) memiliki publikasi dosen yang tinggi, dan g) adanya kerjasama dengan stakeholders profesional yang berdampak pada daya saing lulusan. Dr. Ibrahim Ahmad, SH, MH selaku Rektor UG mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang diraih 9 Prodi meraih nilai akreditasi B dari BAN-PT. “Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi civitas UG. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras tanpa lelah dari tim taskforce keempat Prodi tersebut. Kita pimpinan UG sangat berterima kasih dan apresiasi tinggi atas kerja keras, dedikasi dan kebersamaannya dalam meraih nilai akreditasi yang membanggakan ini. Semoga prestasi ini akan mendorong semangat dan komitmen bersama untuk terus berusaha menuju program studi yang maju, bermutu dan berdaya saing,” tandasnya. (RG-56)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar