oleh

Ulah Anak Buah, Ketua Bawaslu Diminta Mundur

-Gorontalo-1.073 Pengunjung

GORONTALO (RGOL.ID) – Akibat ulah Yopin yang juga salah satu anggota tim ahli Bawaslu Provinsi, membuat Ketua Bawaslu, Jaharudin Umar kena getahnya. Pasalnya, dia diminta mundur karena dianggap telah melakukan pembiaran terhadap salah satu anggota tim ahlinya itu.

Yopin Palutu dinilai telah mencederai independensi dari Bawaslu dengan mengaitkan kebijakan Pemprov menempatkan Sukri Suratinoyo sebagai Plt Sekda Pohuwato dengan kepentingan politik Gubernur pada 2024 mendatang.

Menurut Aditya Mahardika, pernyataan Yopin yang mengaitkan proses pengisian pejabat Sekretaris Daerah dengan pemilihan kepala daerah melanggar nilai-nilai independensi Bawaslu secara kelembagaan, karena Yopin merupakan Tim Ahli Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo.

“Lembaga Bawaslu harus dijaga marwahnya sebagai lembaga yang sangat mengutamakan independen yang tinggi, siapapun dia, komisioner apalagi hanya staf tidak boleh mengeluarkan pernyataan-pernyataan politis seperti yang dilakukan Yopin, dan kalau Tim Ahli Bawaslu seperti Yopin sudah menyampaikan hal-hal berbau politis, artinya Bawaslu sudah menjadi lembaga politik yang partisan,” kata pemuda Bone Bolango ini.


Komentar