UMGO Kembali Terima Kunjungan, Kali Ini dari Kemendikbudristek

KAMPUS (RGOL.ID) – Tim Humas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyambangi kampus Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), Rabu (29/03/2023) dalam rangka Implementasi Merdeka Belajar.

Wakil Rektor I, Prof Moon Hidayati Otoluwa mengaku sangat berterima kasih atas kunjungan Humas Kementerian Ristek Dikti ke Kampus UMGO. Dengan kunjungan ini, dapat melihat langsung kondisi Kampus UMGO yang tentunya masih membutuhkan banyak bantuan dari pemerintah.

“Kami sangat berharap Kementerian Ristek Dikti dapat memberikan dukungan yang ke depannya semoga lebih maksimal terutama dalam menjalankan program-program Kemendikbud khususnya MBKM. Dengan kunjungan seperti ini kita akan lebih akrab dan saling mengenal, selain itu bisa sharing apa yang bisa kami lakukan dalam mendukung program kemendikbud dan pendampingan yang bisa dilakukan oleh kemendikbud seperti apa sehingga kerjasama ini bisa terus berlanjut dan pelaksanaan MBKM bisa lancar,” harapnya.

Sementara itu, penanggung jawab Program MBKM UMGO, Dr. Lia Nurhayati, S.Pd, M.Pd., dalam pemaparan implementasi program MBKM menjelaskan di UMGO telah melaksanakan 8 program MBKM.

“Dari 8 program MBKM 7 programnya dilaksanakan secara mandiri yaitu, MBKM mandiri Berasrama yang sudah dilaksanakan dua gelombang tahun 2022-2023 khususnya untuk mahasiswa baru dan diakui dengan sebanyak 20 SKS karena ada mata kuliah wajib dan umum yang dimasukan, selanjutnya ada KKD terintegrasi MBKM sama juga seperti program berasrama dan dikonversi sebanyak 20 SKS, ada juga Program MBKM Praktisi Mengajar sudah dilakukan tahun kemarin dan pesertanya adalah 2 Dosen dari prodi PGSD, kemudian MBKM Membangun Desa masih dilaksanakan juga oleh prodi PGSD khususnya bagi mahasiswa semster 6, Program MBKM Asistensi Mengajar oleh prodi PGSD diikuti sebanyak 69 orang dan sudah mampu meluluskan 22 mahasiswa menyelesaikan kuliah 3.5 tahun dengan adanya program MBKM Asistensi Mengajar ini,” ungkapnya.

Lia melanjutkan, kemudian ada juga KKN Tematik ke Luar Negeri tepatnya di Malaysia ada 6 mahasiswa yang mengikuti program ini, selanjutnya ada MBKM Riset atau Penelitian diikuti oleh mahasiea Prodi Akuakultur dan risetnya sudah dipublikasikan pada jurnal terakreditasi dan terakhir ada program MBKM magang Prodi Pariwisata yang dilaksanakan di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram.

Sementara itu, Dennis yang mewakili tim Kemendikbud, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih banyak kepada LLDikti yang telah memfasilitasi kami untuk bertemu dengan tuan rumah UMGO yang telah menjamu kami dengan sangat baik.

“Kehadiran kami disni untuk menjalankan arahan dari Menteri Nadiem untuk mensosialisasikan penerima manfaat atau implementasi MBKM yang telah diluncurkan oleh Kemenristek, maka dari itu juga mengajak media nasional dari Jakarta untuk berdialog dengan Kampus MBKM dimana sebelmunya kami sudah presture juga dibeberapa Kota dan Provinsi dan hari giliran Provinsi Gorontalo karena target kami adalah seluruh Provinsi di Indonesia,” jelasnya.

Terakhir, ia mengucapkan terimakasih kepada UMGO telag menerima timnya dengan hangat dan penuh keterbukaan khususnya dalam pelaksanaan Program MBKM.

“Terimakasih atas kesediaannya ada banyak yang telah kami pelajari disini semoga melalui diskusi ini menjadi catatan bagi kami untuk kami benahi agar pelaksanaan MBKM disleuruh Provinsi benar-benar berjalan semestinya,” tutupnya.

Turut membersamai, Wakil Rektor Wakil Rektor I, Prof Moon Hidayati Otoluwa, Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Ketua LP3M dan jajaran, Tim Humas Kemendikbudristek, pihak LLDikti Wilayah XVI, para Dekan, Dosen-dosen serta Mahasiswa UMGO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.