UMGO Mengikuti Workshop Kehumasan PTMA di Grand Rohan Yogjakarta

RGOL.ID – Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah bekerjasama Asosiasi Program Studi Ilmu Komunikasi (APIK) menggelar Workshop Pengembangan Humas PTMA yang berlangsung selama 4 hari dari 4 – 7 Agustus 2022 di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Majelis Diktilitbang diwakili Prof. Widodo Muktiyo (4/8/2022).

Sebanyak 40 peserta utusan PTMA Se Indonesia memenuhi ruangan Zaara Meeting 1 lt 9 mengikuti pembukaan dan materi dari Majelis diktilitbang PP Muhammadiyah.

Prof. Widodo mewakili Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi kepada APIK yang telah mengawal kegiatan ini.

“Humas adalah First Talker, ujung jarum dari Perguruan Tinggi, salah tusuk saja bisa hancur dan tidak berbekas, ibarat humas seperti jarum yang runcing, humas harus mahir dan loyal dalam mendampingi pimpinan perguruan tinggi,” ucapnya.

Lanjut Prof. Widodo menjelaskan bahwa workshop ini harus bisa memberi inspirasi dan bisa menularkan energi positif dan bisa menerangi kampus saat kembali nantinya di institusi masing – masing.

Ibarat kunang – kunang, kalau cuman satu bercahaya maka tidak menghasilkan sesuatu yang indah dan tidak bisa menerangi, namun jika 20 kunang – kunang bisa dibayangkan cahayanya.

Humas juga harus kreatif dalam memberikan kampus, selain isi atau subtansi juga harus bernilai sensasi,” tutupnya.

Ketua APIK M. Himawan Sutanto, M. Si dalam pengantarnya menyampaikan bentuk kepedulian APIK untuk meningkatkan kualitas Humas pada PTMA dengan melaksanakan kegiatan Workshop pengembangan Humas yang sekarang berlangsung batch 2,” ucapanya.

Humas bekerja 24 jam karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan mulai dari mengumpulkan data, membuat suatu perencanaan, merealisasikan dan mengevaluasi sebuah program kerja.

Humas juga memiliki fungsi membangun relasi dengan media dan bagaimana juga membuat program pra krisis, krisis dan pasca krisis, itu menjadi tugas humas,” tutupnya.

Zainuddin memakili Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) yang mengikuti Workshop menyampaikan terima kepada Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah bersama APIK yang membuat kegiatan ini, sehingga kami bisa belajar secara mendalam tentang kehumasan.

Selain karena pemateri dan fasilitatornya memiliki kompetensi di bidang humas,” Alhamdulillah panitianya juga siap dan lokasi pelaksanaan acara di Hotel Grand Rohan memiliki peralatan dan fasilitasnya lengkap, kami sangat puas,” tutupnya.(Hms)


Jangan Lewatkan

Komentar