UMGO Rangking 1 Kampus Swasta Terbaik di Gorontalo

RGOL.ID – Meski masih berusia belia, yakni berdiri pada 2008 silam, namun geliat Univerisitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) terus mengalami perkembangan cukup pesat yang menuai perhatian dan apresiasi dari berbagai pihak.

Tidak heran, jika Universitas yang kini dipimpin Prof. Abd. Kadim Masaong itu, terpilih dan ditetapkan sebagai Universitas Swasta Terbaik di Provinsi Gorontalo tahun 2022 versi Webometrics dan UniRank
yang dirilis pada Juni 2022.

Berdasarkan data dari Webometrics UMGO berada pada peringkat ke-440 dari 2.624
Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia. Sementara versi UniRank UMGO berada pada peringkat ke-268 dari 584 Universitas Indonesia.

Dilansir dari laman https://www.webometrics.info/en/search/Rankings/Gorontalo, berikut 9 Universitas Terbaik di Gorontalo versi Webometrics edisi Juli :

  1. Poltekkes Gorontalo (peringkat 225 Nasional)
  2. Universitas Negeri Gorontalo (peringkat 243 Nasional)
  3. IAIN Sultan Amai Gorontalo (peringkat 319 Nasional)
  4. Universitas Muhammadiyah Gorontalo
    (peringkat 440 Nasional)
  5. Universitas Gorontalo (peringkat 525 Nasional)
  6. Politeknik Gorontalo (peringkat 894 Nasional)
  7. Universitas Ichsan Gorontalo (peringkat 907 Nasional)
  8. Universitas Bina Mandiri Gorontalo ( peringkat 1749 Nasional)
  9. STIMIK Ichsan Gorontalo (peringkat 1845 Nasional)
  10. STIA Bina Tarun Gorontalo (peringkat 2005 Nasional)
  11. STITEK Bina Taruna Gorontalo (peringkat 2094 Nasional)

Sementara dikutip dari laman UniRank https://www.4icu.org/id/gorontalo/town/ , 4 Universitas terbaik di Gorontalo sebagai berikut :

  1. Universitas Negeri Gorontalo (peringkat 96 Nasional)
  2. Universitas Muhammadiyah Gorontalo (peringkat 268 Nasional)
  3. Universitas Gorontalo (peringkat 280 Nasional
  4. Universitas Ichsan Gorontalo (peringkat 409)

Perlu diketahui, bahwa Webometrics merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang paling populer, dibandingkan sistem-sistem pemeringkatan yang lainnya. Tujuan pemeringkatan ini adalah meningkatkan daya saing, keberadaan (eksistensi) dan peran perguruan tinggi melalui publikasi dan penelitian-penelitian ilmiah perguruan tinggi. Dengan demikian ilmu yang ada di perguruan tinggi, dapat berguna bagi masyarakat, dan transparan sebagai sumber-sumber yang ilmiah.

Sedangkan UniRank merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki. Secara sederhana, dapat dikatakan penilaian yang dilakukan oleh UniRank menjadikan website universitas atau institut sebagai bahan penilaiannya.

Dengan adanya prestasi ini maka Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Mengingat Gorontalo memiliki beberapa perguruan tinggi swasta yang berkualitas bagus. Kualitas pendidikan di kampus swasta tidak jauh berbeda dengan perguruan tinggi negeri sehingga bisa diandalkan oleh pelajar.

Universitas Muhammadiyah Gorontalo telah mendapatkan akreditasi B dan berdiri di tahun 2008. Saat ini kampus tersebut memiliki 5 fakultas dengan kualitas terbaik, seperti Fakultas Sains dan Ilmu Komputer (FSIK), Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dan Fakultas Psikologi.(Hms)


Jangan Lewatkan

Komentar